Jumat, 07 Desember 2007

Summer In Seoul


Judul Buku : Summer In Seoul
Pengarang : Ilana Tan
Kategori : Non-fiction
Penerbit : Gramedia


Jung Tae-Woo seorang penyanyi muda yang terkenal di Korea Selatan. Setelah 4 tahun menghindari showbiz, ia kembali muncul untuk meramaikan dunia entertainment. Sambutan penggemar tetap antusias seperti dulu. Namun, media massa malah menggosipkan dirinya gay karena tidak pernah terlihat bersama seorang wanita. Untuk membantah gosip tersebut manajernya menyusun ide untuk membuat Tae-woo terfoto bersama wanita dalam kencan rahasia. Pertanyaannya adalah, siapa wanita yang mampu memoranda gadis misterius Tae-woo?

Sandy a.k.a Han Soon-hee gadis blasteran Indonesia-Korea kebal sama sekali dengan pesona Tae-woo sebagai seorang penyanyi yang begitu dikagumi banyak orang. Secara kebetulan, ia bertemu Tae-woo karena handphone mereka tertukar. Kemudian, tanpa sadar terfoto oleh paparazzi dan timbul gosip baru bahwa dia pacar Tae-woo.

Pekerjaan Sandy di butik membuatnya harus bertemu dengan Tae-woo. Tanpa basa-basi, Tae-woo memintanya untuk berperan sebagai kekasih rahasia di foto. Dengan mudahnya Sandy setuju asalkan wajahnya tidak kelihatan. Seharusnya Tae-woo curiga karena Sandy cepat menyetujui permintannya. Padahal masa lalu mereka berdua rupanya berkaitan erat.

Judulnya Summer in Seoul. Wah… Tumben nih ada novel Indonesia yang bercerita tentang korea selatan. Mengambil setting di korea selatan, tempat Korean wave berasal cukup bikin saya berimajinasi tentang Kdrama. Jarang saya menemukan penulis bikin cerita seperti ini. Selain Lia Indra Andriana dengan Seoul Cinderella dan Marrying AIDS sama sapa-tuh-namanya-anak-lautan-pokoknya yang mengarang cerita dgn imajinasi Jae-hee dan yg jadi chun-hyang tokoh2nya.

Tanpa pikir panjang seperti biasanya, saya beli nih novel bersamaan dengan Kung Pao Chicken Love karya La Mian di bukukita.com bulan lalu. Jadi penasaran, Sandy yang blasteran Indo-korea hasil nyatanya gimana ya? Keseluruhan, ide ceritanya bagus. Tapi gampang ditebak. Dari konfliknya yang ada kurang seru menurutku. Karena baca novel ini rasanya sama seperti nonton Kdrama. Nggak beda jauh.

Tapi jalinan kisah antara Tae-woo dan Sandy diceritakan dengan halus dan menarik. Awalnya saya malah mengira Sandy bakalan suka sama Hyun-shik manajer Tae-woo tapi ternyata nggak. Trus ada konflik antara Sandy sama mantannya si Lee Jeong-Su dan pacar barunya di masa lalu, namun masih tepercik secuil ke permukaan. Lalu sikap Tae-woo yg super romantis dgn ngerayain ulang tahun Sandy sambil nyalain kembang api dsb. Whuuiiih… drama bgt!!

Dan satu lagi, novel ini berhasil menjadi sumber inspirasi quavi buat nyelesain novelnnya Seoul Cinderella. Sukses buat Lia Indra Andriana :D

-okeyzz-

4 komentar:

  1. Setuju dengan reviewnya. Membaca novel ini serasa sedang menonton K-drama. Yang senang menonton K-Drama pasti juga senang novel ini, like me ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget! Uda pernah baca novel Lia lainnya yg berlatar belakang Korea?

      Hapus
  2. baguus, 4 out 5 for this novel, kayak drama banget ceritannya and I enjoy reading it:D

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...