Minggu, 28 Agustus 2011

Mockingjay

Judul: Mockingjay
Penulis: Suzanne Collins

Penerbit: Scholastic
Tahun: 2010
Hlm: 455
ISBN: 9781407109374

 
The Synopsis

Revolusi akan segera terjadi. Tindakan Katniss yang memicu pemberontakan di berbagai distrik—meskipun tidak sengaja. Namun ia harus membayar mahal untuk itu. Rupanya sudah ada pergerakan pemberontakan yang menunggu puncaknya. Dan Katniss yang tak tahu apa-apa diselamatkan para pemberontak dari arena Hunger Games untuk menjadi simbol pemberontakan. Because she’s the mockingjay and people paying attention to her.

Hanya saja Katniss kehilangan Peeta. Ia masih mengalami mimpi buruk akibat Hunger Games pertama. Kali ini ia semakin depresi karena kehilangan Peeta dalam Quarter Quell. Yang membuatnya tertekan adalah ia tidak tahu apakah Peeta masih hidup atau sudah mati di tangan Capitol. Sementara itu, Presiden Coin, presiden distrik 13 yang rupanya selama ini bersembunyi di bawah tanah, ingin Katniss menjalani perannya sebagai mockingjay dengan membuat iklan provokatif untuk mengintimidasi Capitol sekaligus mengangkat semangat para pemberontak yang tersebar di berbagai distrik.

Katniss terjebak dalam permainan para penguasa dalam revolusi ini. Ia tidak tahu siapa yang paling diuntungkan dalam keadaan ini karena sepertinya tetap banyak korban yang berjatuhan. Bahkan lebih banyak dari korban The Hunger Games. Yang ia tahu, dirinya hanyalah pion yang sedang dimanfaatkan diatas papan catur. Ya, Katniss masih berada di arena Hunger Games.


The Mockingjay

Katniss, yang telah selamat dua kali dalam Hunger Games dan yang tanpa sengaja mempopulerkan pin mockingjay diminta untuk menjadi simbol pemberontakan. Mockingjay adalah campuran dari burung Jabberjay dengan Mockingbird. Alkisah, Capitol menciptakan mutt berupa burung jabberjay yang bisa menirukan suara manusia semirip mungkin dengan aslinya. Setelah pemberontakan usai, burung jabberjay ini dibuang ke alam liar supaya punah. Namun karena insting survivalnya tinggi, burung jabberjay akhirnya kawin  silang dengan mockingbird sehingga muncul spesies baru bernama mockingjay. Bisa dibilang kecelakaan ini diluar ekspektasi Capitol sehingga kejadian ini menampar mereka.

Seperti jabberjay, burung ini memiliki kemampuan untuk menirukan suara, hanya saja mereka mau menirukan lagu yang dinyanyikan oleh jenis suara tertentu, seperti suara Katniss, misalnya. Lalu menyebarkan lagu tersebut kepada mockingjay yang lain sampai seluruh mockingjay dalam komunitas tersebut tahu lagu tersebut. Burung mockingjay kabarnya sekeras batu dan mampu hidup dilingkungan apapun. Selain itu burung mockingjay adalah lambang pemberontakan. Penyebanya sepele, karena Capitol tidak mampu membunuh burung ini dan malah menciptakan spesies baru diluar kontrol mereka.


The Revolution

Keadaan kini semakin pelik. Seluruh Panem menginginkan revolusi. Katniss tidak tahu bahwa sudah ada rencana tersendiri untuk dirinya. Dan ia terlibat dalam pemberontakan terhadap Capitol. Distrik 13 yang kabarnya musnah rupanya berhasil bertahan hidup dan sekarang tinggal ratusan kilometer di bawah tanah. Presiden Coin sebagai pemimpin distrik 13 sekaligus bertindak sebagai pemimpin pemberontak. Distrik 12 dihancurkan oleh Capitol persis seperti distrik 13 dulu. Beberapa ratus orang yang berhasil diselamatkan dari distrik 12 dengan senang hati ditampung oleh distrik 13.

Sementara itu di berbagai distrik mulai terjadi pergerakan pemberontakan. Saling mengirimkan informasi ke distrik lainnya agar segera bangkit membentuk gerakan pemberontakan, menyusun kekuatan melawan Capitol. Sementara itu Capitol tidak tinggal diam. Mereka mulai menyerang distrik-distrik yang memberontak. Korban mulai jatuh berguguran. Katniss sangat dibutuhkan untuk menjadi simbol pemberontakan, The Mockingjay. Katniss masih belum sadar sepenuhnya bahwa ia memiliki pengaruh kuat terhadap orang lain. Yang jadi masalah, Katniss mengalami disorientasi mental. Peeta tidak berhasil diselamatkan dan sekarang di tahan oleh Capitol. Yang Katniss tahu, ia tidak mampu menjadi mockingjay tanpa Peeta.


The Character and The Blast Chit-Chatty

Pasti banyak orang yang gregetan dan nggak sabar nunggu lanjutan series Hunger Games. Nah, berhubung saya udah keki banget waktu kesulitan mencari Catching Fire, akhirnya saya putuskan sekalian beli buku ketiganya, Mockingjay, walau adanya baru english edition. Lah, habisnya di edisi Bahasa Indonesianya ditunda terus terbitnya, jadi jangan salahkan saya ya kalau saya motong antrian :P

Katniss dalam seri terakhir ini berkali-kali mengalami berbagai kejadian yang membuatnya sakit secara mental. Seringkali Katniss berkeliaran dengan gelang penanda mental-disoriented mencari sudut-sudut sepi yang sulit ditemukan untuk sekadar bersembunyi dari semua orang. Ia melamun dan ditemani mimpi buruk saat ia tertidur. Ia bahkan masih tidak sadar siapa sebenarnya yang paling dicintainya, Gale atau Peeta. Dalam seri terakhir ini Suzanne mampu menampakkan karakter yang secara sempurna sangat ‘tidak sempurna’. Berulang kali saya mengagumi Suzanne dalam menciptakan karakter keren yang nggak dangkal. Dengan POV orang pertama, karakter Katniss sangat dekat dihati. Dan entah bagaimana saya mengerti bahwa Katniss is damaged. All the Hunger Games’s Victors are damaged. They are all damaged even after the games was years had already past. And it can’t be fixed. Katniss masih belum tahu seberapa berpengaruh dirinya dan ia selalu terkejut tiap kali orang-orang rela mati demi dirinya. Katniss bahkan masih belum tahu siapa yang akan ia pilih jika hanya satu diantara Gale dan Peeta yang bisa ia selamatkan.

Tapi menurut saya perkembangan love-line dan perasaan Katniss disini kembali kabur dan sulit di tebak. Yah, logis sih. Secara di Catching Fire, Katniss terpaksa melepas Gale karena ia kali itu ia berniat main sampai mati. Jadi sepenuhnya ia memilih Peeta. Nah, dalam Mockingjay ini akhirnya Gale mendapat porsi lebih besar nih. Hanya saja, Suzanne Collins sampai akhir tetap nggak adil karena nggak ngasih banyak kesempatan buat Gale. Karakter si Gale ini makin kemari makin bikin ilfil ajah. Tapi untungnya karakter Peeta disini juga jadi ambigu sih. Jadi dengan cara yang aneh Suzanne berhasil ngasih kesempatan yang sama buat kedua karakter Gale dan Peeta untuk mulai dari awal lagi karena porsi mereka seimbang.

Sekali lagi saya menggigil merasakan tangan dingin Suzanne Collins yang tanpa ampun melibas karakter-karakter buku Mockingjay sampai tinggal daging dan tulangnya. Sebenarnya nggak aneh sih untuk novel macam gini yang biasanya makan korban jiwa. Tapi (saya tekankan) sekali lagi, baru sekali ini saya menemukan buku YA yang karakternya di tebas habis dengan kecepatan mengerikan—dan dalam jumlah banyak. Bikin saya sport jantung dan sakit hati karena karakter-karakter favorit saya dibunuh dengan sadis hingga akhir cerita. Walaupun saya tahu menceritakan ending itu melanggar kode etik, tapi sebisa mungkin saya akan bermain dengan kata-kata karena endingnya sangat menarik untuk diulas. Endingnya menyayat hati tapi saya tahu beginilah saya ingin kisah ini diakhiri.

My review of the Series's List:

55 komentar:

  1. Wah... Buku.e banyak yo?
    Pernah baca bukunya ahmad fuadi g?
    :)

    BalasHapus
  2. Pernah dong, Aku juga koleksi N5M dan R3W. Katanya tahun depan mau terbit buku ketiganya sekaligus launching filmnya kan

    BalasHapus
  3. Yoha ok.... penasaran bget film.y kayak apa... he...

    kt.y entr dibuku yg ke tiganya kan mau pake angka 1 dijudulnya...
    ^_^

    BalasHapus
  4. Usul boleh kan?
    Screenshotnya dong kamu kalo menata buku gimana. :D
    Kan banyak tuh...
    Jadi biar bisa dicontoh ama yang lain. :D

    BalasHapus
  5. @Hendra
    Udah selesai syutingnya blm ya..

    Iya sih, soalnya hitung mundur ganjil ya~


    @Restiono
    Ini mas Iwan bukan sih? Lama tak bertukar kabar :D

    Kalo pengen Screenshotnya begitu, harus ada yg motret ya~ ntar deh dicoba kalo ada waktu, hehe. Thanks sarannya :P

    BalasHapus
  6. aku juga krg tau ok....
    penasaran pengen nonton q.... he....
    ^_^

    ohya, oky dah kuliah ya? smstr brpa?

    BalasHapus
  7. Sip, mari kita nantikan bersama ya :D

    Alhamdulillah, sekarang semester 3. Kenapa?

    BalasHapus
  8. Wahh... sama dong... q jg semester 3..
    :)

    BalasHapus
  9. Endingnyaaa hauhau eh iya non setuju bgt dgn kalimatmu kalau pengarang tidak adil terhadap Gale. Sama seperti S. Meyer dgn Jacob. Gatel pgn membahas endingnya tapi bukan di sini yg jelas ;p

    BalasHapus
  10. Iya bener bgt mba. Sejak awal emang karakter Gale dibuat seperti bad guy mulu, bad guy yg ga lovable. Bahkan Jake-Twilight lebih lovable. Sayang sekali.. ya.

    Eh, mba Mia uda baca yg ketiga kan ya berarti.. soalnya review ini spoiler smua isinya =))

    BalasHapus
  11. Wah aku suka cara review novelnya. Kalo novel kayak The Hunger Games ini demen aku, tapi belom pernah baca, mesti jadi koleksi nih. Btw, salam kenal ya.

    BalasHapus
  12. Hi, salam kenal juga.
    Wah, belum pernah baca satu bukunya pun? Buruan ya, kan filmnya mw terbit tahun depan.. Hehe. :)

    BalasHapus
  13. aku pengen bgt beli mocking jay. sementara ini belum ketemu. adasaran beli dimana buat yang di jakarta?

    BalasHapus
  14. Hi, untuk sementara jadwal terbit Mockingjay diundur lagi nih.. (info dari @Gramedia)

    Mungkin Mockingjay baru bisa ditemui di Gramedia dan Toko Buku lainnya tahun depan.

    Hm, untuk sementara kalau emang kebelet pengen bgt baca, bisa cari di Periplus atau Kinokuniya. Aku juga belinya edisi bhs Inggris di Periplus. Semoga membantu :)

    BalasHapus
  15. um...gak terlalu spoiler kok, mbak oky.
    Lebih spoiler review yg kubaca sebelum ini :D

    BalasHapus
  16. Pengen baca... Pengen beli... Pengen punya... >o<

    Buku wajib baca 2012 nih. Heuheuu...

    BalasHapus
  17. @Mba Dewi
    Oh ya kah? Wah, padahal menurutku review ini uda spoiler bgt, hehe. Berarti yg pernah mba baca dulu sama aja menceritakan kembali dong ya.. :P

    @Mba Tika
    Ayo dibeli mba, katanya hari ini uda bisa ditemukan di toko buku ya? Kalau ga tgl 16 ya tgl 14 kemarin launchingnyaa :D

    BalasHapus
  18. Endingnya menyayat hati tapi saya tahu beginilah saya ingin kisah ini diakhiri.
    ehm...ehm...ehm.......
    .....
    .....
    Peeta: you love me. Real or not real?
    Katniss: Real...
    .....
    .....

    BalasHapus
  19. @mas tezar
    Huehe gitu deh mas

    BalasHapus
  20. yaaah jd katniss n peeta ga bersatu? sediih amat T.T

    BalasHapus
  21. yaaah jd katniss ga bersatu sama peeta? sediiih amat T.T

    BalasHapus
  22. Baca bukunya dulu supaya tahu endingnya :D

    BalasHapus
  23. waa filmnya keren banget mba,, aq mau beli bukunya tapi stock nya habis di gramedia banjarmasin.. huhu :'(

    BalasHapus
  24. Hihi, pesen online aja biar lebih cepet kalau uda ngebet baca :D

    BalasHapus
  25. gmana film N5M memuaskan???
    hehe....

    jdi pegen baca bkunya....

    BalasHapus
  26. @Hendra
    Iya, film N5M ga mengecewakan kok :D

    BalasHapus
  27. Aku juga penggemar Hunger Games Trilogy! :D Tapi kok sampul novel Mockingjaynya sama punyaku beda ya? -_-" Aku beli di Gunung Agung Depok.. haha mungkin beda-beda. Btw, blog kak Okeyzz ini (ahaha) ngebantu banget buat hunting buku. ^^ Keep writing, please! I love your blog ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Hanna...
      Beda cover karena aku beli edisi bahasa Inggris. Nah di edisi bhs inggris covernya pun ada dua, pertama cover punya diatas sama cover warna biru bergambar burung mockingjay kayak Gramedia punya..

      Aku kurang tau juga bedanya apa, mungkin beda negara terbitnya *sotoy*

      Hapus
  28. Ga tahu ya, nyaris ngasih bintang 2 aja untuk buku ini. Katniss yang tadinya pejuang malah cuma jadi "bintang iklan" :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kah~ buku ini emang politis abis sih :))

      Hapus
  29. ada yang jual bukunya ngk?? secara online?? aku beli deh yang mau jual buku hunger games,edisi apapun... aku dulu punya hunger games 1 tapi ilang di pinjem orang.. jadi please,yang punya teman penjual buku online,please contact aku di email azka_loveblue@yahoo.co.id thank you guys..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak kok say, cari di bukukita.com / bukabuku.com

      Hapus
  30. Buku ketiga versi bahasa indo nya sudah keluar atau belum sih? terus ada gosip katanya Peeta pada akhirnya Matii.. huaaaaaaa gak mauuuu!! #TeamPeeta forever neehh! hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah. Haha, I won't tell you ^^

      Hapus
  31. Aaaaaaaa, pengen baca bukunya gegara baca review kakak.
    Nungguin filmnya keluar jugaaa :))

    BalasHapus
  32. kalau sekarang, mockingjay versi indonesia uda keluar blm ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah say, uda ada boxset nya juga :)

      Hapus
  33. Seri dari Hunger Games... jadi top list di blognya Kak Oki... Lagi pengen baca juga genre semacam gini, malah ditawarin sama temen instagram yang punya bukunya versi English, tapi gak minat karena belum bisa banget ngerti cerita English xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli boxset terbitan gramedia aja say

      Hapus
  34. belum baca buku yang seri ini. AKu kehabisan stok. Tapi dari reviewnya kak oky, jadi pengen baca dan ikutan review dari sisi saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mba indah aku tunggu reviewnya :)

      Hapus
  35. Aku uda baca buku ini, dan menurutku adegan romance antara Peeta dan Katniss sedikit banget. Aku berasa sedih karena banyak masa kelam mencekam disini.... ga sabar pengen nonton filmnya agar segera dirilis ^^

    BalasHapus
  36. suka, tapi ga suka..
    ending nya emang menyayat hati tapi kurang panjang nih.. hahaha...
    Segala karakter juga galau di novel ini.. apalagi banyak yang berjatuhan bikin miris..
    Tapi sekali lagi endingnya melengkapi seri The Hunger Games ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang suzanne laurens pandai bikin cerita. Endingnya pun sengaja bgt dibuat gini biar pembaca mengintepretasikan sndiri

      Hapus
  37. Saya belum membaca satupun dari trilogi ini. Filmnya pun belum, namun saya sering mendengar teman-teman yang suka menonton menganggap bahwa filmnya bagus. Waktu ngobrol-ngobrol dengan salah satu teman di GRI Malang mengganggap bahwa bukunya lebih bagus ketimbang film. Saya liat ddi post populer adalah buku ketiga dalam trilogi ini. Sekarang rame ya buku ini, jadi lebih penasaran jadinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukunya memang bagus, kalo suka seri dystopia ya harus baca buku ini. Ga rugi ^^

      Hapus
  38. Mockingjay ada filmnya gak kyak hunger games dan hunger games cathing fire.tolong di bls plis..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya film mockingjay baru bakalan rilis november tahun ini. Itu pun yang katanya bakalan rilis sih yang part 1, yang part 2 nya baru bakalan rilis november tahun depan. Itu juga baru yang saya tahu sih.

      Hapus
    2. Ga sabar nunggu Hunger Game akhir tahun nanti >.<

      Hapus
  39. Aku belum sempet baca buku serial hunger games tapi filmnya sih udah,tapi garing duluan mungkin pengaruh daripada cam (*download ngasal) :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya film hunger game terbilang adaptasi yg bagus, soalnya ga merubah plot apapun dalam buku, ga kayak adaptasi kebanyakan (misal, harry potter). Tapi memang lebih bagus bukunya sih dari pada filmnya... baca dulu aja biar ga bingung. Bahasanya mudah dimengerti kok :)

      Hapus
  40. Udah lama film thehunger game ni di folder ku .. tapi baru tadi saia tonton (telat)
    Awal nya saia kurang demen ... karna ini masuk dalam golongan film fantasi ...
    TAPIII !!! saia jadi penasaran khusus nya tentang catnis n peeta (kisah percintaannya) hehee ...

    Mockingjay ... patut di nanti ...

    Thnks oky septya ...

    BalasHapus
  41. sudah pernah baca dan memang bagus kog bukunya, yang belum baca silahkan di baca

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...