Jumat, 08 Juni 2012

SeoulMate is You

Judul: SeoulMate is You
Penulis: Lia Indra Andriana
Penyunting: Tia Widiana
Penerbit: Penerbit Haru
Tahun: Mei 2012
Hlm: 320
ISBN: 9786029832556
Harga: IDR 45000
Rated: 4/5

Sinopsis:
SeoulMate is You:
Jika kebenaran itu beresiko, mampukah kau mengatakannya?

Sebagai seseorang yang diberi kemampuan bisa melihat hantu, diikuti oleh seorang hantu adalah hal yang lumrah bagi Kim Sun. Namun saat kekasihnya dibuntuti oleh seorang Hantu Rambut Mie mengerikan siang dan malam, Sun tahu ia harus melindungi kekasihnya itu.

Belum sempat mengusir Hantu Rambut Mie yang suka berteriak itu itu, Siwon—ketua organisasi ‘penyalur hantu’ bernama SeoulMate tempat Sun bekerja—mengatakan bahwa ada sebuah organisasi bernama Memory Maker yang berusaha mengacaukan kehidupan hantu dan manusia. Dan sepertinya, kehadiran Hantu Rambut Mie ini berhubungan dengan Memory Maker. Apakah itu artinya kekasih Sun juga ada dalam bahaya?

Sekarang, saatnyalah untuk memberitahu kekasihnya bahwa ia memiliki kemampuan bisa melihat hantu. Tapi, apakah itu langkah yang tepat?

Review:

Masih ingat dengan Jang dan Sun dalam buku SeoulMate? Novel SeoulMate is You adalah sekuelnya. Saya memang belum sempat mereview buku SeoulMate karena bukunya dipinjam teman dan terus berpindah tangan. Review SeoulMate bisa dibaca di Goodreads.

Kali ini Jang (yang aslinya bernama Ji Woo) sedang diikuti hantu gentayangan yang marah. Hantu gentayangan ini wajahnya separuh kena luka bakar, berambut mi keriting pirang, dan hilang ingatan. Kasusnya mirip dengan Jang yang dulu sempat jadi hantu hilang ingatan, hanya saja si hantu mi keriting ini emosinya meledak-ledak dan bisa membahayakan Jang. Makanya Sun bertekad untuk mengusir si hantu rambut mi secepatnya dari Jang.

Apalagi sepertinya hantu rambut mi ini terlibat dalam kasus organisasi Memory Maker, organisasi yang mirip seperti SeoulMate hanya saja metode mereka adalah mencuri ingatan para hantu dan Siwon (ketua organisasi SeoulMate) curiga bahwa Memory Maker ini adalah organisasi yang jahat

Jika buku SeoulMate sebagian besar membahas tentang apa itu organisasi SeoulMate dan sistem antara Soul dan Mate maka buku SeoulMate is You mengulik lebih dalam mengenai karakter-karakter yang ada di dalamnya. Terutama karakter hantu perempuan manis berusia seratus tahun yang selalu memakai hanbok bernama Arang dan ketua sekaligus pendiri SeoulMate yang bernama Siwon (btw, fisiknya digambarkan mirip Siwon Suju).

Dari gaya bahasa tentunya sudah tidak diragukan lagi ya dari Lia Indra Andriana. Dengan latar tempat Korea banyak sekali penggalan istilah maupun informasi tentang Korea (jangan khawatir, dilengkapi dengan footnote yang berisi terjemahan maupun keterangan informasi). Untuk jalan ceritanya sendiri lumayan fast-paced dengan eksekusi plot yang padat sehingga nggak bertele-tele, pas-lah pokoknya sesuai selera saya. 

Selain itu konflik cerita pun lebih beragam, mulai dari kisah hubungan Sun dengan Jang yang jadi manusia (ingatan Jang saat menjadi hantu hilang, jadi mereka mulai dari awal) naik turun dengan kehadiran perempuan lain dan fakta yang Sun sembunyikan dari Jang. Ada juga kisah Arang si hantu ber-hanbok yang sangat heboh dan pandai menyetir pikiran orang lain. Kisah Siwon dengan masa lalunya bersama seorang gadis. Hingga masalah si hantu rambut mi yang jadi masalah sendiri.

Namun secara keseluruhan cerita ini jauh lebih lucu dari buku pertamanya dan jauh lebih menyentuh emosi pembaca. Apalagi di ada bonus komik di halaman terakhir, komik ini berisi adegan-adegan tertentu dari buku. Sebelumnya saat membaca novelnya, adegan A terasa sangat menyentuh, nah setelah di gambar dalam komik dengan gambar para hantu melayang yang super lucu, kesannya jadi berbeda banget, haha. 

Awalnya, penulis ingin menjadikan buku ini trilogy tapi entah kenapa katanya stop sampai buku kedua saja (Ada pernyataannya di halaman akhir buku ini). Tapi memang sih kalau dilihat dari jalan ceritanya lebih baik sampai disini saja. Tapi ada beberapa hal yang tetep bikin penasaran, misalnya kisah Siwon dengan kekasihnya serta ada apa dengan organisasi Memory Maker, semua masih misteri. Entah sengaja tidak diceritakan atau penulis lupa menjelaskannya. Mungkin sedikit anthology pendek kisah Siwon dalam bentuk free ebook bisa cukup mengobati rasa penasaran pembaca :D

16 komentar:

  1. cerita hantunya lebih banyak porsinya ngga Ky daripada kisah cintanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cerita hantunya ini inti keseluruhan cerita mba :D
      Soalnya emang si Sun emang bisa ngelihat hantu dan kerja bareng hantu, jadi partner gitu :P

      Hapus
  2. ak masih sebel karena kemaren g menang giveaway ini, padahal sudah kerja keras buat review SeoulMate, hahaha mungkin blm rejekinya. Yang paling ak suka dari SeoulMate ini adalah proposalnya, seru dan unik :)

    nanti kalo pinjemanku darimu udah kelar semua mau pinjem yang ini sama I For You ya Oky :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Review yg di grupnya itu ya mba? Keke~
      Aku waktu itu jg pengen ikutan tapi ga sempet :P

      Haha... iya sip, noted ;)

      Hapus
  3. SeoilMate is You belom sempat baca, tapi SeoulMate udah~
    benar-benar suka sama Jang >,<

    baca repiu oky, kyknya masih tetep seru kyk buku yg pertama :D
    porsi Jang nya masih banyak kan? soalnya Jang nya yg ku tunggu-tunggu LOL

    BalasHapus
    Balasan
    1. aiih, typo~ LOL
      SeoulMate is You maksudnya hahaha

      Hapus
    2. Masih banyak kok~ Jang dimana2 deh pokoknya :D

      Hapus
  4. lohhh aku kirain ada lanjutannya :'( *gak baca tulisan yg di halaman akhir* :P padahal penasaran bgt cerita ttg Siwon sama Yuri..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama, penasaran banget sama Siwon Yuri.
      Mungkin bisa dijadiin side story tersendiri ya.

      Hapus
  5. di buku ini aku paling suka arang sama dong.... mereka so sweet bgt,,,
    iya nih aku penasaran sama siwon yuri,, sebenernya yuri knp ya.??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap bener~ lebih banyak juga porsi mereka :D

      Mungkin Mba Lia punya rencana utk lanjutin cerita lepas Yuri dan Siwon :D

      Hapus
  6. belum tertarik beli buku ini. buku yg pertama aja belum habis dibaca -.-

    BalasHapus
  7. sempet bikin review nih novel,tp gara" koneksi error,ilang ga ke save... trus ngambek,bc ulang trus bikin lagi x yah.. *curcol*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Omaigat, itu emang bikin frustasi. AKu juga kalo kayak gitu langsung bete dan males nulis ulang reviewnya lagi, keke.

      Hapus
  8. Shakib-Al Hasan Celebrity Profile - Check out the latest Shakib-Al Hasan photo gallery, biography, pics, pictures, interviews, news, forums and blogs at Legend of Bangladesh!

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...