Kamis, 31 Januari 2013

After the Wedding from Secret Santa

Judul: After the Wedding
Penulis: Kim Ji-Oh
Penerjemah: Dwita Rizki Nientyas
Penyunting: Prisca Primasari
Proofreader: Emi Kusmiaty
Penerbit: Qanita
Hlm: 296
Tahun: 2012
Rated: 3/5
Beli di: Hadiah dari Secret Santa
Sinopsis:
After the Wedding:   
Aku tidak tahu sejak kapan aku merasa sangat ketakutan ketika berada di dekatmu. Bukankah dulu kita menikah karena cinta? Tapi, kenapa perasaan yang sangat menggebu itu kini lenyap begitu saja? Sebegini menyakitkankah jika cinta menjadi sebuah rutinitas? Aku benar-benar tidak mengerti ....

Dan disinilah aku, mengasingkan diri di Pulau Jeju, semua demi menghindar darimu .... Aku berharap embusan angin yang dingin, ombak yang bergelung di laut pasang, dan suasana yang hening dapat mengalihkan perhatianku dari kepedihan.

Tapi, hati memang tak bisa dibohongi. Aku tetap merindukanmu, sekalipun kita terpisah begitu jauh. Dan sebagian kecil dari hatiku berharap untuk kembali, ke sisimu, ke kediaman kita.

Kuharap kau bahagia selalu. Jangan lupa makan yang teratur, gantilah tirai ruang tamu saat cuaca mulai dingin, dengarkan musik Aria yang menenangkan saat hatimu kalut. Dan ingat ....

Nan eonjena neol saranghaeyo….

Istrimu, Min Jung

Demi menikah dengan Lee Hyun Sung si konglomerat tampan, Min Jung rela drop-out dari Universitasnya dan menjadi ibu rumah tangga di usia yang masih muda. Walaupun masa pacaran mereka singkat, Min Jung dan Hyun Sung saling mencintai. 

Mereka saling mencintai tapi kenapa Min Jung tidak bahagia dengan pernikahannya? Benar kata orang, cinta saja tidak cukup.

Kisah di mulai dari sudut pandang Min Jung yang terlihat sangat tidak bahagia di tahun ketiga pernikahan mereka. Setiap kali suaminya mendekat tangannya akan langsung gemetaran takut. Saya pikir ada kekerasan seksual dalam pernikahan mereka, tapi sepertinya itu karena  Min Jung sedang depresi. Ia  selalu cemas, ketakutan, tidak betah dengan keberadaan suaminya, dan tidur terus menerus.

Lalu perlahan-lahan alurnya mulai flashback. Dalam setiap hal yang ia lakukan, pasti Min Jung atau Hyun Sung akan mengingat memori masa lalu yang menunjukkan mereka sangat bahagia sebelum ini. Misalnya saja cincin berlian pernikahannya yang super mahal. Hyun Sung ingat betapa terkejut Min Jung saat pertama kali menerimanya dan bahkan berjanji tidak akan pernah melepasnya. Tapi sekarang Min Jung menaruhnya begitu saja di meja nakas. 

Kemudian hal-hal kecil lainnya juga muncul secara flashback mulai dari saat-saat mereka berpacaran dan hingga akhirnya saya dibuat mengerti alasan-alasan Min Jung tidak bahagia. Semua yang dialami Min Jung saya rasa bisa membuat siapa pun depresi, apalagi mengingat usia Min Jung yang sangat muda dan merasa terintimidasi jika dibandingkan keluarga konglomerat suaminya.

Lalu di saat Min Jung hamil, ia memutuskan pergi dari kehidupan Hyun Sung. Ia ingin menyelamatkan bayinya dan kemudian ia menghilang. Membuat Hyun Sung kalang kabut mencarinya. Yah, bagaimana pun problemnya, mereka ini pasangan yang saling mencintai..

Saya nggak tahu kenapa akhir-akhir ini sering dapat buku bertema pernikahan ya. Marriages life, infidelity, and such.. karena saya sendiri masih kecil (kecil dari manaaa?), jadi susah bagi saya untuk mengkorelasikan dengan kehidupan saya yang masih kecil ini *tsah*. Anyhoo, kalau sekedar simpati sih saya bisa lah, tapi untuk benar-benar memahami, err belum tentu. Eh, tapi masalahnya nggak seberat itu kok, saya aja yang berlebihan. Haha.

Awalnya saya merasa kurang nyaman membaca buku ini. Menurut saya format penulisannya aneh dan membingungkan. Saya tidak bisa bilang terjemahannya kurang luwes karena hampir semua terjemahan novel korea yang saya baca yah sama aja, maka kesimpulannya memang gaya bahasa korea begini semua, jadi ya saya memang belum terbiasa. 

Saya butuh beberapa saat untuk beradaptasi dengan gaya bahasanya. Tapi semakin dibaca, alur campurannya makin menghanyutkan dan saya sampai pada kesimpulan, ceirtanya memang bagus. Meskipun begitu, saya nggak menemukan karakterisasi yang saya sukai. Baik Min Jung maupun Hyun Sung, nasib yang mereka alami memang bikin saya simpati namun entah karena temanya atau gaya bahasanya saya jadi nggak terkesan sama karakternya. Oh, ini cuma masalah selera saja sih sebenarnya.


Hallo Santa!! 




Review ini di posting dalam rangka posting bersama Blogger Buku Indonesia untuk event tahunan: Secret Santa BBI 2012

Ini hadiah dari Secret Santa saya, yeaaa... thanks a lot Lila @ My Book Corner for this book. Bener kan Santaku itu kamu? ^ ^


Aku suka sama covernya (I do still judge book by its cover) dan sinopsis di cover belakang bikin penasaran banget. Tapi rupanya ceritanya memang manis walau temanya sempet bikin aku nggak tertarik, anyhoo I love this books, the plot is so alluring and beautiful although the charaterization is not that impressing. Jadi walau saya kasih bintang 3 saja, hal ini tidak mengurangi apresiasiku terhadap buku yang kamu berikan lho ya, I have to be as honest as possible!

Daaaaan, untuk hadiah buku satunya, review Saga no Gabai Bachan by Yoshichi Shimada bakalan aku schedule post lusa. So, stay tuned yak..



******

Silakan teman-teman BBI masukkan link review buku-buku hadiah dari Santa masing-masing via inlinkz di bawah ini dengan format:

Link review buku (bagi yg mendapat 2 buku atau lebih) silakan masukkan juga di sini. Linky akan saya tutup tanggal 2 Maret 2013

Nama: After The Wedding by Kim Ji-Oh - Oky @ Kumpulan Sinopsis Buku
Link: http://sinopsisuntukmu.blogspot.com/2013/01/after-wedding-from-my-secret-santa.html


PS: Silakan ambil kodenya jika ingin memasukkan inlinkz ini dalam post kamu XD

get the InLinkz code

Rabu, 30 Januari 2013

Free Ebook: Blessed Heart

Ada e-book gratis nih buat kamu ^^

Sudah lama saya nggak kasih info ebook gratis. Maklum, saya kurang rajin nyari link ebook. Tapi sekalinya dapat, saya usahakan share disini.

So, kali ini saya kebetulan dapat link ebook buku fantasy (lokal) Indonesia, Blessed Heart by Adam Aksara.

Penulisnya sedang membagikan ebook bukunya gratis (FULL FILE) sampai MARET 2013 saja. Jadi buruan yaaa keburu ditutup~

Judul: Blessed Heart (Baptism)
Penulis: Adam Aksara
Penerbit: Seruni Creative Publishing
Hlm: 784
Tahun: 2013
Format: ebook
Sinopsis: 
Blessed Heart:   
Jaime Hunter, seorang pemuda yang keluar dari kampung kecilnya demi untuk mendapatkan sesuatu yang berbeda dalam kehidupannya. Sesuatu selain tanah untuk dicangkul dan masa depan yang sudah disiapkan di tanah kelahirannya. Perjalanannya menuju Graceland dijalani hanya berbekal sebuah mimpi dan sebuah hati yang kaya. Seorang kakek pendongeng berjanji padanya, bahwa dengan berbekal hati yang kaya dia akan dapat menaklukkan dunia.

Saat ia menemukan mimpinya hancur di tanah asing. Dia mendapati dirinya tidak memiliki apapun kecuali sebuah hati yang bertahan untuk tetap berjuang. Sendirian.

6 tahun sudah berlalu sejak dunia dilanda hujan energi yang memberikan perubahan pada minoritas manusia sehingga mereka memiliki kekuatan diluar akal sehat seperti menghilang, menembus benda fisik, membaca pikiran, meniru kemampuan orang lain dan banyak lagi. Mereka dipanggil dengan nama baptisan, orang-orang yang dibaptis dengan hujan cahaya dan menjadi berbeda. Kerusuhan terjadi di mana-mana, negara-negara diambang kehancuran hingga akhirnya secara resmi dibentuk sebuah organisasi elit di bawah pemerintahan internasional untuk mengendalikan keamanan dunia.

Jaime yang hanya manusia biasa dan bekerja sebagai penjaga kafé merangkap bartender, terjebak dalam kehidupan para baptisan. Dia menemukan seorang baptisan berjulukan “Perfect Copier,” bernama Nadia, pada saat dia sedang menyamar dalam kebohongan. Membuat dirinya merana karena mencintai gadis yang tidak mungkin dapat diraih dengan kedua tangannya.

Seorang pria berani mengalahkan dirinya dan seekor naga buas, demi menyelamatkan putrinya. Akan tetapi dia mendapati dirinya hanyalah rakyat jelata, bukan seorang pangeran... layakkah dirinya mencintai sang putri? ataukah hanya seorang pangeran yang layak?

Cukupkah sebuah hati yang kaya dan tidak pernah menyerah, membantunya melewati semua masalah dan melindungi gadis yang dicintainya namun tidak mampu dimilikinya?

Buku ini berkisah tentang mimpi dan cinta. Tentang kehidupan dan kenyataan yang tidak selalu sesuai keinginan. Kisah perjuangan sebuah hati untuk melalui semua masalah yang menghancurkan kehidupannya. Hingga akhirnya kejadian demi kejadian terjadi dan dia menemukan dirinya yang merupakan seorang manusia biasa harus melindungi Nadia dari berbagai ancaman dan menghadapi semua kelompok maupun organisasi pemerintahan seorang diri.

Dan menemukan tempatnya berada, di dunia yang luas ini.

Cara downloadnya gampang.
  • Pertama, kamu harus punya akun Goodreads dulu.
  • Lalu klik link profil buku Blessed Heart
  • Di bawah cover buku, klik read book
  • Pada laman file buku, klik download ebook di pojok kanan atas
  • Klik Save File.

Mudah kan?

Kalau kamu sudah download bukunya secara gratis, kamu juga bisa mengikuti Lomba Membuat Review.

Hadiahnya adalah 10 eksemplar buku Blessed Heart yang akan segera terbit. Batas akhir lomba reviewnya akhir Maret 2013. Lumayan banget..

Buat yang tertarik, silakan cek info lebih lanjutnya: klik sini.

Selasa, 29 Januari 2013

Sorry I'm just annoyed, no offense

Oh this is happening to me every single time!


Saya paling males sama orang yang kepo dan gangguin pas lagi serius baca. Lagi pula kalau kita nyebut judulnya mereka malah makin ngelunjak. How? Setelah kita sebut judulnya, mereka malah mikir itu sebagai tanda kita mau ngobrol. Mereka akan rewel minta lihat covernya, trus minta pinjem bukunya untuk baca sinopsis di belakangnya, daaaaan mereka akan minta diceritakan garis besar ceritanya. 

Bagus nggak? Itu ceritanya gimana sih? Serem ya? and so on when you just can't//won't stop reading and start sighing while you answer their question. All you want to do is shouting to their face, you're so annoying I just want to read my book quietly! then back to your book.

Haha, I know, I know... Kadang mereka cuma berusaha ramah dan pengen ngajak ngobrol sih, atau cuma basa-basi. Still, that's so disturbing! Haha, I'm annoyed whenever someone did that to me. So I try to show the cover and read them at the same time then hoping they're not asking question anymore. And if they did, I just gave them short Hu uh, Nope, Maybe, Sort of answer. 

Is it just me or did you do that too?

Minggu, 27 Januari 2013

Tug of Love

Judul: Tug of Love
Penulis: Allie Spencer
Penerbit: Little Black Dress
Tahun: 1 Oktober 2009
Hlm: 320
ISBN: 9780755352937
Rated: 3/5
Format: Ebook
Sinopsis:

Tug of Love:   
Love, lust and litigation -- a riveting romance so addictive it should be illegal! Unsurprisingly, divorce barrister Lucy Stone is a bit of a cynic when it comes to love. And working with egotistical weasel Hugo Spade doesn't help matters. Then Mark comes along, ticking all the boxes, and Lucy can't believe her luck. But when Lucy has to choose between the man of her dreams and the career opportunity of a lifetime, it seems there really is no justice in the world. And the re-appearance of sexy-ex Jonathan is the last thing she needs. Is Lucy about to be found guilty of making the biggest mistake of her life?


Lucy Stephens seorang pengacara muda yang masih menapaki karir. Spesialisasinya adalah masalah perceraian. Sebagai pengacara muda ia mengalami banyak tekanan dari rekan kerjanya yang suka menindas, Hugo.

Meskipun begitu ia masih memiliki sahabat yang selalu mendukungnya di luar kantor, si Hez yang cantik namun pedas dan Jo yang sudah bersuami. Lalu ketika Dave (suami Jo) memperkenalkan Mark kepada Lucy, mereka berdua langsung cocok begitu saja.

Bencana datang ketika Lucy menjadi pengacara dadakan Jennifer yang ingin menuntut ayah dari anaknya, nama anaknya Josh. Well, sedikit ribet disini karena Jennifer ini nggak menikah dan agak kontrol freak, jadi dia tidak ingin Josh bertemu si ayah. Dan tebak siapa ayahnya? Mark.

Lucy kecewa karena Mark nggak pernah mengungkit bahwa dia punya anak. Bahkan karirnya dipertaruhkan karena masalah Jennifer dan Mark ini. Parahnya lagi, sekarang ia ditunjuk menjadi pengacara junior di bawah pimpinan Guy (bosnya) untuk menangani masalah perceraian Perdana Menteri Inggris yang super rahasia. Jadi ketika bosnya memaksa Lucy menghindari Mark ya terpaksa status hubungan mereka makin nggak jelas. 

Di lain pihak, ada Jonathan si mantan pacar yang sempat bikin Lucy jatuh cinta setengah mati dan patah hati sampai hampir mati (oke, lebay). Jonathan ingin memperbaiki hubungan mereka yang sempat rusak. Lucy pun tergoda hatinya karena Jonathan yang dulu brengsek sekarang berubah jadi sangat charming.

Awalnya saya sedikit bosan membaca novel ini karena sampai 8 bab pertama konfliknya masih stagnan. Menurut saya novel yang nggak menarik dan membosankan di awal nggak layak untuk di rekomendasikan. Tapi kemudian konflik pun mulai berkembang, terutama ketika Lucy mulai mendapat kasus Perdana Menteri Inggris, baru deh novel ini muali makin menarik.

Karakter Lucy ternyata kocak. Lucy ini selain lucu dia juga witty. Agak terlalu sering terbawa perasaan jadi dia mudah terpuruk tapi mudah juga untuk semangat lagi. Ketika dia sedang terpuruk, si Lucy ini suka banget mendramatisir keadaan. Dan sering berimajinasi dirinya menjadi pengacara sukses, di wawancarai oleh majalah terkenal, dan di puja karenan karirnya yang meroket drastis, padahal kenyataannya tidak. Haha, dasar drama queen.

Biarpun Lucy ini lebay, tapi dia sangat capable dalam pekerjaannya. She's a fast thinker and clever. Buktinya Perdana Menteri suka dengan pekerjaan Lucy dan Hugo menindas dia karena sirik dengan kemampuannya.

Kemudian banyak karakter-karakter lain yang dibuat komikal, favorit saya si Hez yang pedas dan tajam serta tidak akan melepaskan targetnya begitu saja. Sekali Hez beraksi, jangan harap kau bisa menghindar darinya. Berikut cuplikan percakapan Hez dan Lucy ketika mereka mau menjebak Hugo



‘I agree it would be a high-risk strategy.’ Hez sighed.
‘But we both know Hugo isn’t a wage slave like the rest
of us; even if he was uncovered and never worked again,
he’s hardly going to starve. Plus, snooping round your
room like that, there’s got to be something going on. He
may not be our mole, but I reckon he still needs to be
checked out.
'How?’
‘Well, he’s got a bit of a thing for me, hasn’t he?’
‘Sadly, yes,’ I admitted.
‘I’ll ask him to take me out for dinner or something,
get him hammered and see what he has to say for
himself. It’s worth a go, anyway.’
‘You’re brave.’
‘I’m desperate.’
‘What if he tries to kiss you or something?’
‘I shall just have to do what women are biologically
programmed for in such circumstances: close my eyes
and think of Brad Pitt. I’ll ring him when we get home.’
p 223




Allie juga memberikan deskripsi dunia hukum paralegal yang cukup detail dan nggak hanya jadi pajangan seperti di novel romance lainnya. Justru menurut saya pekerjaan Lucy sebagai pengacara sangat mendominasi disini. Allie menggambarkan bagaimana seoarang Lucy sebagai pengacara muda yang tertekan dengan pekerjaannya sekaligus sibuk dengan problematika percintaannya. You know lah, being 30th and single is quiet depressing for a drama queen Lucy.

Penyampaiannya padat dan nggak bertele-tele, tepat seperti yang saya suka. Allie is witty and the book's is very well written for a chicklit. It's suddenly not boring at all. Selain itu banyak percakapan kocak antar karakter yang bikin saya ngikik geli. It's a fun read. And I recomend it for you who think your love is not working quiet well.. don;t worry it's not always bad. It eventually will turn out alright! Ask Lucy, how well is she living her life? XD

Selasa, 22 Januari 2013

Nyelengin Receh Buat Buku - Wrap Up

Jadi awal tahun 2012 kemarin saya ikutan tantangan untuk nabung receh buat dibeliin buku. Challenge: Receh For Books ini diprakasai oleh Maya @ Dear Readers



Karena nggak ada tekanan dan cuma untuk ngisi waktu luang jadinya nyelengin receh ini sama sekali nggak kerasa berat. Dan bonusnya bisa beli buku deh di akhir tahun ^^
 

 lucu kan doraemonnya

Jadi inget pas waktu TK nggak sih, haha. Iyalah nyemplungin receh cuma kalau lagi inget ajah dan ada kesenangan tersendiri ketika nyemplungin receh itu.


 dipecah pyaaaar


 Pas dihitung gitu jadi berasa bandar 
yang main di casino gitu deh *darimananyaaaaa?*


Setelah dihitung dengan teliti ternyata total receh cuma Rp 84.100 agak kecewa sih karena nggak nyampe seratus ribu, hiks. Akhirnya recehannya di tukar ke warung di pasar. Trus setelah itu saya dan si adek ke Gramedia Madiun.

Niatnya saya mau beli Love, CURSE, and Hocus-Pocus by Karla M. Nashar tapi apa daya ternyata bukunya belum masuk sini. Ya sudah, akhirnya atas permintaan adek saya malah beli


Uncommon Criminals (Heist Society #2) by Ally Carter
Dumping Princes (Calypso Chronicles #4) by Tyne O'Connell

Kedua buku diatas itu seri teenlit yang saya dan adek saya ikuti perkembangannya. Harga keduanya jadi Rp88.000 dan disc. 10% buat pemakai KGVC Card jadi saya keluar uang Rp72.000 sajo. Sisa uang Rp16.000 nanti mau saya belikan celengan baru aaaah~

I hope this is the last time I'm buying books for this year. So I could put my energy to eat my pile of books first before buying again.

Oh, btw, saya ikutan Receh for Books 2013 Challenge lagi tahun ini, jadi buat yang tertarik ikutan ayok ajah~

Minggu, 20 Januari 2013

The Devil's Whisper

Judul: The Devil's Whisper
Penulis: Miyuki Miyabe
Penerjemah: Nadya Andwiani
Penyunting: Adi Toha
Penerbit: Serambi
Tahun: 2012
Hlm: 416
ISBN: 9789790243767
Rated: 3,5/5
Sinopsis:
The Devil's Whisper:   
Tiga kematian berturut-turut terjadi dalam waktu yang berdekatan: seorang gadis terjun dari atap gedung bertingkat; seorang gadis lainnya melompat ke atas rel tepat di depan kereta yang melaju kencang; dan gadis ketiga tewas tertabrak taksi pada tengah malam. Adakah hubungan antara ketiga peristiwa itu? Apakah itu murni kecelakaan atau kasus bunuh diri? Ataukah … pembunuhan?

Teka-teki itu sedikit demi sedikit terungkap oleh Mamoru, keponakan si pengemudi taksi yang tertimpa sial karena menjadi satu-satunya tersangka dalam kecelakaan maut tersebut. Dia baru saja pindah ke Tokyo untuk tinggal bersama keluarga pamannya itu setelah ibunya meninggal. Demi menyelamatkan pamannya dari tuduhan, Mamoru melakukan penyelidikan dan mendapati bahwa gadis yang tertabrak taksi pamannya dan dua gadis korban “bunuh diri” lainnya berkaitan. Ketiganya pernah terlibat dalam sebuah praktik penipuan. Lalu, masih ada gadis keempat yang masih hidup dan tidak diketahui keberadaannya.

Ketika seorang pebisnis terkenal muncul dengan kesaksian baru yang bisa membebaskan pamannya, Mamoru bertekad tidak hanya membersihkan nama baik pamannya, tapi juga menyelamatkan gadis keempat yang sedang diincar oleh pembunuh yang sebenarnya.

Dan pada saat itulah sang pembunuh menghubunginya …

Semenjak kecil Mamoru sudah merasakan hukuman dari masyarakat karena kesalahan ayahnya. Teman satu-satunya hanya si Kakek. Setelah Ibunya meninggal dan tidak ada teman di Hirakawa ia akhirnya tinggal bersama keluarga Asano.

Ketika paman Taizo Asano dituduh sebagai pembunuh Mamoru tidak tinggal diam. Biarpun usianya baru 16 tahun dia itu anak yang cerdas, jadi ia segera saja menyelediki kasus Yoko Sugano. Apalagi telepon misterius dari pembunu sebenarnya mulai menghubungi Mamoru

"Apakah Tuan Asano, orang yang telah membantuku membunuh Yoko Sugano, masih ditangkap polisi?"
"Siapa kau?"
"Seharusnya mereka membebaskannya. Para polisi itu bodoh. Mereka tidak perlu terlalu jauh untuk menemukan bahwa Yoko harus mati."
"Tunggu dulu! Mengapa kau mengatakan..."
Telepon dimatikan.  ~p.90

Memang masih ada penerjemahan yang kaku sih tapi secara keseluruhan cerita tetap mudah dipahami karena penulis untungnya nggak pakai kalimat berbunga-bunga seperti gramar yang sering saya temui dalam buku terjemahan korea.

Creepy. Kalau saya dapat telepon macam itu saya pasti akan berpura-pura telepon itu nggak pernah ada, tipikal orang in denial. Atau langsung lapor ke orang lain? Hm, kayaknya tetep saya pilih yang pertama. Soalnya keputusan Mamoru untuk nggak melibatkan orang lain itu benar (tepatnya Mamoru lupa sih kalau ada telepon aneh itu). Soalnya keluarga bibinya akan terancam bahaya kalau sampai Mamoru bocor.

Saya jarang baca buku misteri kecuali memang ada unsur science fictionnya. Yea, yeaa.. dasarnya saya memang penakut tapi kalau boleh jujur saya sebenernya memang suka kisah misteri. Mungkin karena saya suka berimajinasi jadi lebih memilih membeli buku fantasy, dan kalau senggang saya pasti milih buku romance atau teenlit yang ringan dibaca. So not a chance with mystery books, though I love to read a couple of famous thriller writer's work.

Saya suka Dan Brown dengan tema konspirasinya, James Petterson dengan science fictionnya, dan komik-komik detektif Jepang. Saya coba Agatha Christie tapi kurang cocok dan belum sekali pun coba Sherlock Holmes karena saya pengennya baca dari buku seri pertama biar manteb (tapi belum kesampaian juga sampai sekarang). Saya suka thriller dan mystery sepanjang nggak ada hantunya yang bikin merinding deh.

Anyhoo~ awalnya saya nggak berharap banyak pada buku ini karena font covernya jelek dan merusak keartistikan gambar modelnya itu. I knooow, shallow me but I still do judge book by its cover. Tapi begitu baca bab pertama langsung deh nggak bisa berhenti. Kenapa? Alurnya cepaaaat!! I have a soft spot for fast-paced book. Saya selesaikan buku ini hanya dalam sehari. Bahkan saya menyingkirkan buku yang sudah separuh saya baca karena terpesona dengan plotnya.

Karakternya memang banyak sekali, tapi Miyuki Miyabe pinter bikin alur campuran. Kita di bawa oleh Miyuki Miyabe ke adegan maju-mundur, flashback, ganti sudut pandang karakter, membuka selembar demi selembar lapisan misteri, dan sebagainya dengan plot-plot yang rapi, no doubt from Japanese. Jadi bacanya ya nyaman gitu. Mungkin untuk beberapa orang akan dibuat bingung dengan banyaknya tokoh yang harus di hapalkan dalam waktu singkat, tapi setelah nemu ritmenya, semua kayak puzzle yang akhirnya berada pada posisi masing-masing.

Latar waktunya sendiri sekitar dua-tiga dekade setelah Perang Dunia II jadi kadang ada beberapa adegan yang bawa-bawa "Saat Perang Dunia II si anu bekerja sebagai ini sebelum akhirnya pensiun." dan bentuk komunikasi lewat surat, kartu pos dan telepon. See? sayang saya nggak merhatikan tahun berapa, eh atau emang nggak ada tahunnya ya? Soalnya di komik jepang pun latar waktu tepatnya sering disamarkan.

Walau latarnya mungkin sekitar tahun 70-80an entah kenapa segalanya terdeskripsikan jauh lebih maju daripada di Indonesia, tampaknya Indonesia terlihat 100 tahun tertinggal dibandingkan Jepang. Okay saya lebay, mungkin Indonesia tahun segitu nggak buruk-buruk amat, tapi siapa tahu juga yah secara saya emang belum lahir sih.

Anywaaay~ untuk kategori misteri The Devil's Whisper ini nggak berat-berat banget tapi tetep bagus. Mungkin karena fast paced jadi karakter selain Mamoru kurang dalam, namun menurut saya porsinya pas karena orang Jepang pinter bikin tokoh yang berkesan dan hidup hanya dari bebeapa deskripsi, jadi sepanjang bayangan saya si A ini kalem, si B ini ngemong, si C ini brengsek hanya dari beberapa kalimat deskripsi.

Dan poin plus, ceritanya nggak serem. Nggak ada tuh yang sampai bikin bulu kuduk saya berdiri ngeri karena kebayang-bayang ada hantunya atau bentuk mayatnya atau hal-hal menjijikkan lainnya. So, it was a pleasant read. Biarpun kesannya nggak berat, karya-karya Jepang selalu sarat makna bahkan di dalam kalimat sederhana sekalipun banyak pesan moral yang bisa dipetik. Aaand I heard there was a TV Movie adaptation so I'm gonna look for it as well.


PS: Hibahan dari Nophie @ My Milky Way dan Penerbit Serambi. Thanks a bunch!

Jumat, 18 Januari 2013

The Final Note

Judul: The Final Note: Pesan-Pesan Cinta
Penulis: Kevin Alan Milne
Penerjemah: Riana Irawati
Penyunting: Prisca Primasari
Penerbit: Qanita
Hlm: 484
Tahun: 2011
ISBN: 9786029225471
Harga: 49000 pinjam Mas Dion
Rated: 4/5
Sinopsis:
The Final Note:   
Bagi Ethan Bright, Wina adalah kota kesayangannya. Di sanalah dia menempuh pendidikan musik yang dia cita-citakan, bertualang di Schönbrunn Palace, The Basilisk House, rumah Mozart, dan menikmati es krim gelato yang lezat. Lebih dari itu, di sanalah dia bertemu Annaliese, wanita cantik yang akhirnya menjadi istrinya.

Namun, cinta yang bersemi di Wina itu memudar setelah Ethan dan Annaliese menikah. Cobaan yang datang silih berganti membuat Ethan tanpa sadar berpaling. Dia menjadi sangat sibuk bekerja dan nyaris melupakan Annaliese, mengabaikan janji-janjinya, termasuk janji menciptakan sebuah lagu untuknya. Pertengkaran demi pertengkaran muncul, rumah tangga mereka pun semakin berantakan.

Sampai akhirnya terjadi sebuah kecelakaan yang mengancam nyawa Annaliese. Akankah peristiwa itu menyadarkan Ethan tentang cinta antara dirinya dan Annaliese? Dan apakah masih mungkin bagi Ethan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahannya, juga untuk menepati janjinya, menciptakan lagu untuk Annaliese, sebelum semuanya terlambat ...

Gaya bertuturnya masih sama. Dalem, sederhana, tapi nggak berkesan menggurui. Saya suka. And it has more romance than Sweet Misfortune. Pertemuan Ethan dan Anna yang romantis di Wina, Romantisnya nggak ketulungan, begitu lulus langsung ngejar Anna ke rumahnya dan nggak lama kemudian mereka menikah muda. 

Ethan bahkan bikin daftar janji-janji pernikahan yang sumpah kalo kamu cewek pasti kamu bakal ngiri banget. Si Ethan ini mirip-mirip Adam dalam Where She Went-nya Gayle Forman. Seorang musisi, romantis, dan cinta mati sama perempuan yang kemudian jadi the love of his life gitu deh. That deep passion and love of Anna and Ethan... aaaww so sweetnya pasangan ini.

Salah satu janji pernikahan mereka adalah Anna, akan memberikan satu surat cinta.setiap kali Ethan memainkan lagu untuknya. Awalnya mereka masih idealis dan saling mendukung. Penuh dengan impian, dimana Ethan ingin menjadi pencipta lagu sedangkan Anna ingin jadi penulis buku. Namun realita tentu tak seindah mimpi. Tak ada satu pun dari mereka yang berhasil mewujudkan mimpi itu. Lalu kepercayaan diri pun hilang. Akhirnya mereka menyerah. 

Dalam The Final Note ini terlihat adanya pendewasaan karakter setelah mereka melalui masalah demi masalah. That's what happens on marriage I guess, priority always comes first. Iyalaaah~ Mereka menyerah karena ada prioritas yang lebih mendesak. 

Kecelakaan itu mengubah segalanya. Ethan nyaris depresi. Ia sangat takut kehilangan istrinya dan merasa sangat bersalah. Padahal ia belum sempat menunaikan semua janji-janji pernikahannya. Belum lagi ia marah sekali pada remaja yang menabrak istrinya hanya gara-gara SMSan sambil nyetir, astaga. Makanya, jangan smsan ya kalau lagi nyetir!

Banyak banget pesan moral yang disampaikan dalam The Final Note. Salah satunya adalah untuk bisa berbesar hati memaafkan orang lain dan diri sendiri, Memaafkan untuk membebaskan hati dari beban. Karena amarah itu cuma buang waktu dan sia-sia. Banyak hal lain yang lebih penting dari itu. So, please forgive.

Setelah membaca Sweet Misfortune saya jadi cinta berat sama Kevin Alan Milne. Rupanya banyak bukunya yangs sudah diterjemahkan ke Indonesia dan saya berniat mengoleksinya. Walaupun yang ini modal pinjem tapi nanti kalau ada rezeki saya pengen beli hehe.

Rabu, 16 Januari 2013

Receh For Books 2013

Peringatan, ini bukan Reading Challenge, 
jadi 2013 Reading Challenge saya nggak nambah yaa~ 
cukup tiga saja. Hehe.

Tahun lalu saya juga ikutan ini,
mau tahu buku apa yang saya beli dari hasil receh itu?
Baca disini

Btw, mau tahu apa itu Receh For Books 2013?
check this out;


Syarat-syaratnya lumayan simpel, 
masih sama kayak Receh For Books 2012 yang lalu

  1.  Kumpulkan uang receh dari Januari-Desember 
  2. Jangan dihitung sampai akhir tahun 2013
  3. Setelah semua uang terkumpul, belikan buku yang kamu inginkan/bukunya dihadiahkan ke orang lainKalau mau ikut, bikin posting mengenai challenge ini di blog masing-masing (tidak harus blog buku) kemudian masukkan link dari postingan kamu di mr.linky J 
  4. Pasang banner Receh for book(s)
Pengen ikutan juga? 
Langsung aja daftar ke Dear Readers.

Senin, 14 Januari 2013

Si Peramal Cinta

Judul: Si Peramal Cinta (The Oracle of Dating #1)
Penulis: Allison van Diepen
Penerjemah: Susan Pasca Lina
Penyunting: Johanes Trihartanto
Penerbit: Esensi (Erlangga Group)
ISBN: 9786027596184
Hlm: 193
Tahun: 2012
Rated: 3.5/5
Sinopsis:
Si Peramal Cinta:   
Peramal Cinta hadir buat kamu yang sedang dibuat bingung oleh cinta...

Cukup bayar lima dolar, dan Peramal Cinta akan memberitahumu:

- cara merayu,
- lelaki tampan itu suka atau tidak padamu,
- pacarmu main mata dengan orang lain,
- dan masih banyak lagi.

Tapi ada satu hal yang tak akan diberitahukannya padamu: identitasnya.

Tak satupun di sekolah tahu sebenarnya Kayla adalah seorang peramal cinta. Dia biasa memberikan saran-saran yang berkaitan dengan cinta kepada para kliennya. Padahal dia tidak punya pacar, dan bahkan bersumpah untuk tetap menjomblo sebelum kuliah.

Namun sumpahnya itu mendapat ujian berat ketika Jared Stewart - lelaki misterius, pendiam, dan tampan - masuk ke kehidupan Kayla. Tiba-tiba, sang ahlinya masalah cinta mengalami problem yang biasa dialami para kliennya: jatuh cinta! Dan tidak seperti sebelmnya, dialah yang kini butuh saran-saran tentang cinta

Kayla memang masih muda tapi dia lebih bijaksana dalam masalah cinta dari pada siapa pun yang mungkin pernah kamu kenal. Bahkan Tracey, kakak perempuannya yang 10 tahun lebih tua sangat mengandalkan saran-saran cinta dari Kayla.

Dengan website buatan Kakaknya yang ahli komputer, Kayla menjalankan situs Peramal Cinta. Ia menyediakan konsultasi melalui telepon, chatting, maupun email. Btw, kliennya beragam, mulai dari anak pra-remaja hingga wanita dewasa pekerja kantoran. 

Selain itu ia juga rajin menulis artikel dan tips-tips berkencan di websitenya. Sekarang saya jadi tahu tips & trik saling menggoda ala anak remaja Amerika, haha. Kayaknya akan berguna suatu saat nanti.

Kayla pun nggak asal cari uang lho, dia juga sering melakukan studi kasus terhadap seluruh kliennya untuk bahan penelitian. Salah satu contohnya nih, dia menggelar acara Kencan Kilat di sekolahnya (yang rupanya sukses besar) lalu menjadikannya sebagai bahan esai untuk tugas Sosiologinya. Kewl.

Semuanya berjalan lancar sampai suatu ketika Kayla nggak yakin apakah Jared menyukainya atau tidak. Well, kesan saling menggoda itu nyata tapi Kayla butuh seseorang untuk meyakinkannya apa yang sedang terjadi. Ia butuh Peramal Cinta untuk dirinya sendiri.

Seperti roda yang berputar, kalau ada senang pasti akan ada susah juga dong. Tiba-tiba saja Kayla tak yakin menjadi Peramal Cinta itu pilihan yang tepat. Darimana ia tahu kalau saran-sarannya benar? Bagaimana jika seseorang malah menjadi terluka lantaran mengikuti sarannya? 

Kejadian itu adalah sebuah pelajaran untuk orang-orang yang profesinya adalah membantu orang lain. Kau tidak bisa memaksa orang lain menerima bantuanmu. Merekalah yang harus menginginkannya. ~p.41

Pertama kali saya agak ragu akan menyukai buku ini secara sudah lama banget nggak baca novel teenlit dan memang lagi nggak mood baca teenlit. Tapi mengingat kesibukan UAS saya memilih buku ini karena termasuk camilan ringan. Saya nggak berharap banyak tapi ternyata saya sanga menikmati Si Peramal Cinta. Ceritanya jauh lebih bagus dari yang saya duga.
Beberapa tips & trick serta dating rules ini di tulis dengan serius dan bakal banyak kita temui di beberapa halaman. Porsi Kayla yang sedang bekerja sebagai Peramal Cinta pun cukup banyak, beberapa kali ia menangani klien, jadi profesi sebagai Peramal Cinta ini bukan cuma jadi hiasan sambil lalu seperti kebanyakan novel teenlit yang lain, tapi benar-benar di bahas serius dalam buku.

Biarpun cuma 193 halaman namun sebenernya isinya jauh lebih banyak dan padat akibat pemilihan font yang lumayan kecil. Sayang covernya kurang menarik.. mirip novel-novel Lizzie McGuire zaman dulu. Tapi gaya berceritanya seperti romance yang mengingatkan saya akan kesenangan membaca karya-karya Meg Cabot, dan malah jauh lebih tebal. I would definitely love to read Allison van Diapen next books!

Secara keseluruhan saya sangat menikmati buku ini. Dan beberapa kali tertawa terhibur dengan humor penulisnya. Sebenernya penulisnya nggak bermaksud melucu, tapi tentu ada adegan yang memang bikin kamu ketawa karena menurutmu lucu (tapi mungkin nggak lucu bagi orang lain). 

Saya cuma teringat sama masa-masa remaja yang awkward dan insecure, yang rupanya juga dialami oleh seluruh remaja di belahan dunia lain. Kalau kamu remaja dan butuh saran cinta, saya rasa buku ini tepat untuk bacaan ringan kamu.


PS: Terima kasih mba Khairanni (Esensi) saya jadi bisa membaca buku ini
PS 1: Esensi juga menerbitkan buku ke-#2 ya? Pengen baca Peramal Cinta is Back nih.

Sabtu, 12 Januari 2013

[Wrap Up] 2012 Goodreads Reading Challenge




Yak ini wrap-up post untuk Goodreads Reading Challenge. Saya sukses mencapai target 118 buku dari total 112 buku yang saya targetkan di awal tahun. Beberapa ada yang baca ulang buku yang pernah saya baca di tahun 2011..

Memang sih cuma 118 buku, jauh lebih sedikit jumlahnya dibandingkan target bacaan saya tahun 2011 lalu. Tahun 2011 kemarin itu saya target 211 buku dan berhasil nembus 217 buku. Saya pun masih heran kenapa tahun 2011 bisa kesetanan dan sanggup ngabisin dua ratus buku. Yang jelas tahun 2012 ini saya nggak kuat, tepar banget book~

JANUARI 2012
10/01/2012 - The Painted Veil by W. Somerset Maugham
11/01/2012 - Panduan Lengkap Perencanaan CSR by Nurdizal M. Rachman
12/01/2012 - Antalogi Rasa by Ika Natassa
12/01/2012 - Lana & The Prince by Katrin Praseli
15/01/2012 - Clara's Medal by Feby Indriani
19/01/2012 - Naked In Death by J. D. Robb (In Death #1)
21/01/2012 - Coming Home by Sefryana Khairil
21/01/2012 - Metamorphosa Oase by Retni SB
22/01/2012 - Utukki: Sayap Para Dewa by Clara Ng
23/01/2012 - Divortiare by Ika Natassa
26/01/2012 - Love in Sunkist by Evelyn Jingga
27/01/2012 - Hot Chocolate by Kinoysan
31/01/2012 - The Power od Six (Lorien Legacies #2) by Pittacus Lore
31/01/2012 - I Am Number Four: The Lost Files: Six's Legacy (Lorien Legacies, #0.5) by Pittacus Lore

FEBRUARI 2012
01/02/2012 - A Wizard of Earthsea (The Earthsea Cycle, Buku 1) by Ursula K. Le Guin
06/02/2012 - Reuni (Reunion) - The Mediator Series Book 3 by meg Cabot
06/02/2012 - Darkest Hour (The Mediator, #4)by meg Cabot
06/02/2012 - Haunted (The Mediator, #5) by meg Cabot
06/02/2012 - Twilight (The Mediator, #6) by meg Cabot
08/02/2012 - Antara Cinta dan Benci by Susan Elizabeth Phillips
10/02/2012 - Mata Air Air Mata Kumari by Yudhi herwibowo
11/02/2012 - Fairy Bad Day by Amanda Ashby
13/02/2012 - SMA Avalon by meg Cabot
14/02/2012 - Dimi is Married by Retni SB
14/02/2012 - Freaky Friday by Mary Rodgers
15/02/2012 - Sunshine Becomes You by Ilana Tan
18/02/2012 - Jika Aku Tetap Di Sini (If I Stay, #1) by Gayle Forman
26/02/2012 - The Iron King by Julie Kagawa
28/02/2012 - Setelah Dia Pergi - Where She Went (If I Stay, #2) by Gayle Forman
28/02/2012 - I Hate Rich Men Virginia Novita
28/02/2012 - Dear You: Demi Apa? Demikian Aku Mencintaimu by Moammar Emka

MARET 2012
01/03/2012 - Winter Dreams by Maggie Tiojakin
06/03/2012 - Twivortiare by Ika Natassa
09/03/2012 - Mafia Espresso by Francisca Todi
10/03/2012 - Delirium by Lauren Oliver
18/03/2012 - My Partner by Retni SB
18/03/2012 - The Lady Chosen by Stephanie Laurens
30/03/2012 - On Bullshit by Harry G. Frankfurt
31/03/2012 - The Lost Hero by Rick Riordan

APRIL 2012
13/04/2012 - Heist Society by Ally Carter
17/04/2012 - So, I Married the Anti-Fan by Kim Eun Jeong
18/04/2012 - Beautiful Soul by Stefiani E. I.
25/04/2012 - Uglies #1 by Scott Westerfeld
28/04/2012 - Bella and the Beast by Astrid Zeng
29/04/2012 - Suami Sempurna untuk Tatiana by Astrid Zeng

MEI 2012
01/05/2012 - Pretties (Uglies #2) by Scott Westerfeld
01/05/2012 - The Vampire Diaries's Companion: Love You to Death by Crissy Calhoun
09/05/2012 - Specials (Uglies #3) by Scott Westerfeld
10/05/2012 - Sleepaholic Jatuh Cinta by Astrid Zeng
13/05/2012 - Fires of Winter (Viking #1) by Johanna Lindsey
14/05/2012 - The Awakening (Vampire Diaries #1) by L.J. Smith
14/05/2012 - The Struggle (Vampire Diaries #2) by L.J. Smith
20/05/2012 - Hearts Aflame (Viking #2) by Johanna Lindsey
21/05/2012 - Surrender My Love (Viking #3) by Johanna Lindsey
24/05/2012 - Until You (Westmoreland #3) by Judith McNaught
30/05/2012 - Nyonya Besar by Threes Emir

JUNI 2012
01/06/2012 - Three Weddings and Jane Austen by Prima Santika
04/06/2012 - My Stupid Boss #1 by Chaos@work
05/06/2012 - I For You by Orizuka
08/06/2012 - SeoulMate is You by Lia Indra Andriana
10/06/2012 - Runaway (Airhead #3) by Meg Cabot
10/06/2012 - Pleasure for Pleasure (Essex Sister #4) by Eloisa James
11/06/2012 - Demonglass (Hex Hall #2) by Rachel Hawkins
12/06/2012 - In Bed With The Devil (Scroundel With St. James #1) by Lorraine Heath
12/06/2012 - Between the Devil and Desire (Scroundel With St. James #2) by Lorraine Heath
14/06/2012 - Surrender to the Devil (Scroundel With St. James #3) by Lorraine Heath
15/06/2012 - Midnight Pleasure with the Scroundel (Scroundel With St. James #4) by Lorraine Heath
20/06/2012 - Dark Parallel (Joshua Files #4) by M.G. Harris
21/06/2012 - A Lady of His Own (Bastion Club #3) by Stephanie Laurens
25/06/2012 - A Fine Passion (Bastion Club #4) by Stephanie Laurens
26/06/2012 - Divergent (Divergent #1) by Veronica Roth

JULI 2012
07/07/2012 - Best Friends Forever by Orizuka
30/07/2012 - To Distraction (Bastion Club #5) by Stephanie Laurens

AGUSTUS 2012
04/08/2012 - Dollhouse by Kardashian Sister
06/08/2012 - Beyond Seduction (Bastion Club #6) by Stephanie Laurens
06/08/2012 - How to Abduct a Highland Lord (MacLean Curse #1) by Karen Hawkins

07/08/2012 - To Scotland, With Love (MacLean Curse #2) by Karen Hawkins
14/08/2012 - The Edge of Desire (Bastion Club #7) by Stephanie Laurens
14/08/2012 - Cinta Paket Hemat by Retni S.B
18/08/2012 - Nobody's Baby But Mine by Susan Elizabeth Phillips
18/08/2012 - Welfare Theory: An Introduction by Tony Fitzpatrick
28/08/2012 - The Count of Monte Cristo by Alexandre Dumas
29/08/2012 - My Stupid Boss 2 by Chaos @ Work
30/08/2012 - First Comes Marriage by Mary Balogh


SEPTEMBER 2012
01/09/2012 - Mastered by Love (Bastion Club #8) by Stephanie Laurens
04/09/2012 - Memory and Destiny by Yunisa K.D.
04/09/2012 - The Bachelor List (Matchmaker Duncan Sister #1) by Jane Feather
07/09/2012 - If Only It Were True by Marc Levy
09/09/2012 - The Bride Hunt (Matchmaker Duncan Sister #2) by Jane Feather
10/09/2012 - The Comes Seduction by Mary Balogh
20/09/2012 - Sweet Misfortune by Kevin Alan Milne
22/09/2012 - [un]affair by Yudhi Herwibowo
23/09/2012 - Pillow Talk by Christian Simamora
29/09/2012 - Gilt and Midnight by Megan Hart
29/09/2012 - Good Fight by Christian Simamora
29/09/2012 - Abbey's Sexual Adventure by Jennifer Cole
29/09/2012 - A Perfect Fit by Megan Hart

OKTOBER 2012
11/10/2012 - My Stupid Boss #3 by Chaos @ Work

NOVEMBER 2012
10/11/2012 - Heart of The Matter by Emily Giffin
11/11/2012 - Only in Your Arms (Vallerands #1) by Lisa Kleypas
15/11/2012 - Finding You by Marc Levy
16/11/2012 - A Kingdom of Dreams by Judith McNaught
18/11/2012 - Secrets of Summer Nights by Lisa Kleypas
22/11/2012 - Joining (Shefford's Knights #2) by Johanna Lindsey
23/11/2012 - Say You Love Me (Mallory Family #5) by Johanna Lindsey
24/11/2012 - Love in The Afternoons (Hathaway's Sister #5) by Lisa Kleypas
25/11/2012 - Married by Morning (Hathaway's Sister #4) by Lisa Kleypas
26/11/2012 - Only With Your Love (Vallerands #2) by Lisa Kleypas
28/11/2012 - Di Ujung Penantian by Johanna Lindsey
29/11/2012 - Lady Sophia's Lover by Lisa Kleypas
30/11/2012 -A Romantic Story About Serena by Santhy Agatha

DESEMBER 2012
12/12/2012 - Apocalypse Moon (The Joshua Files #5) by M.G. Harris
15/12/2012 - Orang Ketiga by Yudhita Hardini
15/12/2012 - Bukan Istri Pilihan by Maria A. Sardjono
21/12/2012 - The Final Note by Kevin Alan Milne



Wadaaaw, gempor banget jari saya ngerekap 118 buku. Haha, kidding, ini rekapan sudah saya cicil dari beberapa bulan yang lalu kok, jadi kemarin cuma nambahin rekapan 3 bulan terakhir saja. Btw, ngerekap seratusan buku aja uda gempor, saya bersyukur karena keputusan untuk ngerekap dua ratusan buku tahun 2011 kemarin nggak jadi.. fiiiuuuh

Oya, untuk bulan Oktober itu downfall banget ya, cuma satu buku yang berhasil saya baca. Maklum, lagi ujian jadi moodnya nggak ada. Itu pun baca satu buku karena inget harus update blog, kalau enggak bisa absen satu bulan penuh nggak baca.

Yay!! Yang penting terpenuhi targetnyaaa. Banzaaaaiii

So, how's your challenges?

Kamis, 10 Januari 2013

Monthly Giveaway Januari 2013

MONTHLY GIVEAWAY JANUARI 2013
 


Yay, it's my first monthly giveaway for this year. Akhirnya, sudah setahun lebih sebulan (saya mulai Desember 2011) saya berhasil ngadain Monthly Giveaway berturut-turut. Resolusi saya tercapai, alhamdulillah. Tentu nggak lepas dari dukungan orangtua (iyalah, saya masih jadi tanggungan nih), teman-teman pembaca, penulis, penerbit dan banyak pihak lainnya. Terima kasih. Mulai dari sini, semoga saya bisa terus mengadakan Monthly Giveaway sepanjang tahun 2013 juga ya, doakan saja..

Di awal tahun 2013 ini Monthly Giveaway di sponsori oleh Penerbit Diva Press yang berbaik hati akan memberikan hadiah buku baru bertandatangan pengarang, Maria Tsabat karya Herlinatiens. 


Judul: Maria Tsabat
Penulis: Herlinatiens
Penerbit: DivaPress
Hlm: 386
Tahun: November 2012
ISBN: 9786027665859
Sinopsis:
MARIA TSABAT:   
Maria Tsabat adalah sosok berpredikat elegan dan memiliki sensualitas tinggi yang menjadi “orbit” cerita dalam novel terbaru karya herlinatiens ini. Sosoknya berhubungan dengan tokoh-tokoh lain yang kemudian juga berperan sebagai “orbit-orbit kecil” cerita tersendiri. Maria mewakili karakter seorang perempuan dengan watak tegas, kritis, dan liberal dengan segenap pemikiran yang tidak jauh-jauh melenceng dari dunia politik. Sisi karakter lainnya adalah perempuan yang begitu lembut, tercermin dari kecintaannya terhadap musik dan juga perhatian pada sang putri semata wayang, Maia Diatri atau Jeng. Novel ini diawali dengan penceritaan dari sudut pandang Canang, seorang fotografer muda yang tertarik untuk membuat pameran foto untuk Maria Tsabat. Itu adalah alasan ia pakai untuk mendekati Jeng—seorang penari asal kota Yogya yang sama sekali tidak tahu bahwa dirinya adalah putri sang violinis tersebut. Dari sini tergambar dengan cukup jelas alur yang akan dipakai si pengarang di sepanjang cerita. Penceritaan selanjutnya kemudian beralih ke sudut pandang Maria, tanpa adanya transisi bab yang signifikan. Di sini, pembaca tidak akan menemukan judul-judul bab sebagaimana sebuah novel pada umumnya.
Maria menguraikan perasaan kecewanya pada sosok Romo: Saya akan menangis setelah mengatakan betapa saya membencinya. Saya akan mengutuk hari di mana saya bertemu dia untuk yang pertama kalinya. Saya akan meminta pada Tuhan untuk mengembalikan hari-hari saya yang hancur karena dia. (hlm. 17). Romo, Haidhar, dan John kemudian turut menjadi pencerita di dalam buku setebal 386 halaman ini secara bergantian bak potongan-potongan mozaik yang kemudian membentuk sebuah gambar cantik di dalam bangunan kuno.
Di pembacaan pertama, novel ini terkesan terlalu sulit untuk dipahami, terlebih ada sejumlah bagian di mana transisi tokoh dibuat sebegitu halus, tanpa penanda sehingga pembaca mau tidak mau kembali ke awal dan membaca sekali lagi. “Tekstur-tekstur” kompleks di dalam novel ini memang patut diacungkan jempol. Tidak hanya itu, gaya bahasa, puisi, serta, pilihan kata yang rumit pun menjadi penyempurnanya. Novel yang mengambil setting dominan di Pulau Bali dan sarat dengan sorotan budaya lokal ini memang dipersiapkan pengarang begitu matang sebagai come back-nya ke dalam dunia sastra Indonesia setelah vakum berkarya hampir enam tahun.

EXCERPT dari da BLENDED SOUL


Sayang sekali karena saya sedang UAS jadi tidak bisa membaca sekaligus mereviewnya untuk memberikan gambaran pasti tentang buku ini.

Tapi sekilas yang saya baca dari review da BLENDED SOUL tentang buku ini, tampaknya Maria Tsabat seorang perempuan yang karismatik, jenius namun dingin, semasa mudanya dia mantan aktivis jadi punya pandangan kritis terhadap politik dan berbagai hal lainnya. Setting cerita pun mengambil tempat di Bali, lokasi yang eksotis rupanya tergambar kental di buku ini. 

Lagi, menurut mba Nisrina Lubis dari da BLENDED SOUL (apparently she's the book's editor) gaya bercerita Herlinatiens yang khas ini bukan sekedar teknik, tapi memang cara bercerita dia seperti itu, jago menceritakan alur yang kompleks. Ah, saya nggak tahu seperti apa tepatnya tapi kayaknya Herlinatiens ini penulis yang keren. Saya sendiri jadi pengen baca deh~

Anyhoo, ready for the giveaway? Langsung aja isi Rafflecopter seperti biasanya di bawah ini ya


CLOSED!!
Congratulation 

Biondy Alfian

(Pemenang harap segera konfirmasi dalam waktu 2x24 jam jika tidak akan dipilih pemenang baru.)

  • Sign in: masukkan email atau username facebook kamu
  • Wajib isi nama dan identitas yang bisa di hubungi
  • Wajib Like Fanpage DivaPress dan follow twitter @divapress01
  • Wajib meninggalkan komentar dan follow GFC
  • Lainnya Optional (subscribe email, follow twitter, tweet giveaway, dll) 
  • Semakin banyak mengisi entry, maka kesempatan menang semakin besar
  • Giveaway berlangsung tanggal 10-01-2013 pukul 12.00 WIB s/d 20-01-2013 pukul 12.00 WIB
  • Pemenang akan diumumkan tanggal 20 Januari 2013
  • Saya akan mengecek seluruh entry dan entry yg tidak valid akan dianggap gugur
  • Goodluck (^________^)
 

a Rafflecopter giveaway
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...