Sabtu, 22 Februari 2014

Menyingkap Karakter & Keberuntungan Anda Berdasarkan Waktu Kelahiran

Judul: Menyingkap Karakter Keberuntungan Anda Berdasarkan Waktu Kelahiran
Penulis:
Lina Wang
Penyunting:
Zulfa Simatur
Desain Sampul:
@cnoelnunu
Ilustrasi Isi:
Art Vecto Studio
Penerbit: VisiMedia
Hlm: 160
Tahun: Desember 2013
ISBN: 979065202X
Harga: IDR 49000
Sinopsis:
SINOPSIS:   
"Berbahagialah dalam setiap cobaan, halangan, dan rintangan, karena semua itu adalah jalan menuju sukses." -Pepatah Cina Kuno

Sejak zaman dahulu, orang Cina sangat memerhatikan waktu kelahiran. Berdasarkan perhitungan waktu lahir tersebut, dapat diketahui shio yang menjabarkan karakter dan peruntungan masing-masing orang secara garis besar. Shio dapat dijadikan pertimbangan untuk menentukan karakter partner bisnis, waktu yang cocok untuk memulai usaha, bahkan kecocokan pasangan. Berbicara tentang shio, rasanya tidak cukup lengkap jika hanya menyinggung tahun kelahiran. Aspek lain seperti shio pada jam, tanggal, dan bulan kelahiran juga perlu diungkap.

Kita semua tahu bahwa waktu kelahiran dari setiap orang tidak dapat diubah dan memiliki karakternya sendiri-sendiri. Buku ini membahas rahasia di balik tahun, bulan, tanggal, dan jam lahir. Dilengkapi dengan kalender shio seabad dan peruntungan 12 shio pada tahun kuda (2014). Berdasarkan perhitungan waktu kelahiran tersebut, Anda dalam mengenal dan menggali potensi secara lebih mendalam.

Temukan shio Anda, partner, dan calon pasangan berdasarkan waktu kelahiran. Buktikan pengaruhnya dalam melejitkan karier dan kehidupan! Semoga buku ini dapat membawa perubahan positif dalam kehidupan Anda. Selamat membaca.

Siapa yang rajin ngecek zodiak horoskop tiap minggu? Orang Cina juga punya ilmu horoskop yang lebih dikenal dengan nama Shio. Rupanya ilmu ini muncul bukan secara mistis tapi merupakan upaya pengamatan ratusan tahun dari ahli perbintangan yang dipekerjakan para kaisar Cina.

Berdasarkan ilmu orang Cina ada tiga faktor utama yang memengaruhi keberuntungan seseorang, yaitu keberuntungan langit, hubungan manusia yang baik, dan keberuntungan bumi/tempat tinggal. Selain itu masih ada lima faktor mendasar lainnya yang menentukan yaitu faktor nasib, feng shui, moral, kebajikan, dan pendidikan.

Dari ketiga faktor utama yang menarik adalah penanggalan hari kelahiran seseorang yang tidak dapat diubah karena sudah bawaan takdir. Biasanya dipercaya oleh orang zaman dahulu untuk menilik masa depan dan menentukan karir yang cocok. Tidak mengherankan apabila banyak peramal zaman dulu dapat membaca peruntungan secara akurat hanya dengan menghitung data kelahiran seseorang.

Hm, sounds familiar? Yup, di Jawa juga ada yang namanya ilmu primbon/kejawen berdasarkan ilmu titen/niteni (memperhatikan). Di dunia bagian barat ilmu ini dikenal dengan ilmu astrology yang melihat pergerakan bintang dan planet di langit. Nggak jauh beda dengan ilmu lainnya seperti ilmu sains dan sosial ya, sama-sama berdasarkan pengamatan dan pengalaman bertahun-tahun. Sama sekali bukan mistis.

Yang menarik dari buku ini, dijabarkan dengan lengkap karakter dan keberuntungan lengkap hingga ke jam kelahiran lho. Hm, ayo kita ambil contoh: Ema, lahir 14 Februari 1990, pukul 8 pagi. Hasil saya taruh dalam spoiler karena panjang banget, hehe:

JUDUL SPOILER:   


Pukul 8 pagi artinya masuk pada Jam Naga (07.00 - 09.00): Termasuk orang yang cerdas, ambisius, acuh tak acuh terhadap orang, dan peduli terhadap penampilan. Jika terlahir sebagai perempuan, memiliki sifat suka menyendiri dan memiliki kepercayaan diri yang sangat tinggi.

Jam Naga

*klik untuk perbesar gambar
Orang yang terlahir pada jam Naga pekerjaan yang cocok adalah: Pengamat, politikus, dan pendidik. Tidak cocok dengan pekerjaan yang berhubungan dengan kayu, Hati-hati saat berumur 19, 27, 36, 39, dan 66 tahun. Sebelum umur-umur tersebut disarankan untuk memperbanyak perbuatan baik, misalnya beramal, melepaskan binatang, menolong orang, dan jangan lupa banyak berdoa.

Lebih spesifik tepatnya lahir di badan naga (07.30-08.30): orangnya adil dalam bersikap. Hatinya lurus dan terburu-buru. Jika memiliki saudara kandung, akan terpisah jauh di tempat yang berlainan. Jika meninggalkan kampung halaman, akan meraih kesuksesan dan kebahagiaan dalam membina keluarga.


Lahir pada Tanggal 14: merupakan orang yang keuletannya bisa diacungkan jempol. Mereka berkepribadian rangkap dengan pemikiran yang logis dan nonlogis. Terkadang mereka percaya hal-hal mistik yang menjadikan mereka terkesan fanatik. Namun seiring perjalanan waktu, mereka bisa berpikir logis kembali. perempuan kelahiran tanggal ini akan memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi. Jika laki-laki, dia merupakan sosok yang menyukai kerapian. Kehidupan bahagia dapat dicapai dengan mudah.

Tanggal Lahir




Tiap 12 tahun sekali akan terjadi siklus shio yang berulang dalam ilmu horoskop Cina; Naga, Macan, Tikus, Kerbau, Naga, Kudan, dst. Karena Ema lahir di tahun 1990 maka shionya Kuda. Deskripsinya bisa dilihat dalam Booklet Shio.

Shio Kuda (1918, 1930, 1942, 1954, 1966, 1978, 1990, 2002, dan 2014): kapasitasmu dalam bekerja keras sangat mengagumkan. Anda adalah orang yang mandiri. Selain pandai dan ramah, Anda cenderung menjadi egois. Jangan terlalu mementingkan diri sendiri. Shiomu menandakan jika Anda akan sukses jika bekerja sebagai petualang, peneliti, pembuat puisi, atau politikus.

Nggak hanya tahun yang punya shio, tapi bulan cina juga punya shio lho. Bulan kelahiran dalam ilmu shio cina agak sedikit berbeda karena dalam bulan pun ada shio tersendiri. Pembagian Bulan Shio bisa dilihat dalam capture berikut:

Pembagian Shio Bulan



Nah, si Ema ini masuk ke Bulan Macan (4 Feb - 5 Maret) maka cara baca karakternya digabung dengan Shio Tahun, yaitu Shio Kuda - Bulan Macan: orang yang lahir pada bulan ini adalah orang yang royal, pintar bercerita, dan suka memberi bantuan kepada teman-temannya. Mereka suka membela teman yang sedang membutuhkan, meskipun harus menguras semua isi kekayaan. Mereka justru puas menanggap diri sebagai pahlawan yang pernah menolong orang lain.





Setiap tahun berganti biasanya akan muncul artikel peruntungan Indonesia di tahun Naga Air atau semacamnya. Awalnya saya masih nggak ngerti Naga Air, Naga Udara Tanah dan entah apalagi itu apa bedanya? Baru setelah baca buku ini saya ngerti bahwa ada yang namanya siklus tiap 60 tahun yang kemudian menentukan elemen zodiak.

Ini dia si Naga Kuda Singgasana



Jadi kalau mau lebih spesifik, Ema ini lahir di Tahun Kuda Singgasana (1930, 1990, 2050): orang-orang kelahiran tahun ini berhati jujur, tetapi terkadang berbicara seenaknya. Sering kali emosional, tetapi menghormati dan menghargai orang. Jika terlahir laki-laki, prinsipnya keras. Hidup berkecukupan sandang dan pangan, Tahun yang bagus adalah tahun macan, ayam, dan anjing. Hati-hati pada tahun kerbau dan tikus. Rezeki duduk di arah timur.


Yang terakhir ada Bab Keberuntungan Berdasarkan Hitungan Berat Tulang. Dalam bab ini berisi tabel tahun, bulan, tanggal, hingga jam kelahiran yang ketika dijumlahkan nanti bisa berguna untuk menentukan masa depan seseorang.

 Tabel Perhitungan Berat Tulang



Hasil perhitungan Berat Tulang Ema adalah 4: Hidup berkecukupan. harta sangat melimpah. Melalui perjuangan keras, akhirnya semua tujuan dapat diraih.






Ada booklet yang diselipkan dalam bukunya.. it's so cute jadinya bisa dibawa kemana-mana tapi bisa mudah hilang juga.

Booklet Shio


Nah, berhubung saya lahir tahun 1992 maka hal pertama yang saya lakukan ketika membaca buku ini yaitu langsung ngecek hasil shio saya sendiri hehe:

Shio Monyet (1920, 1932, 1944, 1956, 1968, 1980, 1992, 2004, dan 2016): Anda sangat pintar karena sifat alamimu yang luar biasa dan personalitas yang menarik. Anda sangat disukai. Monyet, bagaimana pun, harus menjaga agar tidak menjadi orang yang oportunis dan tidak dipercayai oleh orang lain. Shio monyet menjanjikan kesuksesan di segala bidang yang ditekuni.

Buku ini lebih cocok dikoleksi dan dibuka kalau bermaksud untuk mengecek peruntungan Anda dan keluarga atau teman dekat Anda. Soalnya, nggak seperti novel maupun self help yang bisa dibaca dari awal sampe akhir. Saya sendiri menghabiskan waktu kurang dari 15 menit untuk selesai baca buku karakter dan peruntungan saya sendiri lalu 15 menit berikutnya bacain karakter pacar.

Secara keseluruhan buku ini menyajikan pengetahuan yang informatif, terutama untuk kalangan non-cina seperti saya yang memang buta terhadap ilmu shio. Selain itu dikemas dengan layout rapi dan ilustrasi yang menarik jadi memudahkan pencarian informasi dan menyengangkan melihat gambar unyu Babi di Dalam Hutan maupun Tikus Masuk Rumah. 

Sayangnya penyampaian karakter dan peruntungan kebanyakan hanya deskripsi yang baik-baik saja tanpa menyeimbangkan dengan yang buruk-buruk. Mungkin ini salah satu strategi horoskop supaya banyak yang baca. Atau mungkin saya terlalu sinis, mungkin para peramal selalu mendeskripsikan yang baik-baik agar pembacanya memfokuskan diri untuk mencapai yang terbaik dalam hidupnya. 

Yang mana pun itu jujur saya menikmati membaca buku ini meskipun tetap ada perasaan nggak puas. Masih banyak pertanyaanyang ingin saya ajukan terkait informasi mendetail tentang peruntungan saya di masa depan, haha. Karena saya tipe yang percaya ilmu begini (ini ilmu dari ratusan tahun lho) ya akhirnya saya amini aja yang baik-baik, huehehe. I really enjoyed it.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...