Jumat, 07 Februari 2014

The Lunch Gossip

Judul: The Lunch Gossip
Penulis: Tria Barmawi
Penerbit: Gramedia
Tahun: November 2013
Hlm: 264
ISBN: 9789792274691
Harga: IDR 50000
Rating: 3,5/5
Sinopsis:
THE LUNCH GOSSIP:   
Mereka mencari bitch...

dan menemukannya dalam diri mereka masing-masing.

Xylana, Kynthia, Keisha, Vinka, dan Arimbi. Si jutek yang perfeksionis, si cantik yang lembut hati, si serampangan berlidah tajam, si ibu peri yang ramah dan ceria, dan si mungil yang rapuh. Lima orang dengan karakter berbeda terdampar di kantor yang sama.

Dari makan siang bersama, mereka menjadi sahabat sejati. Ada yang menyukai mereka, ada yang membenci mereka. Satu demi satu mereka ditimpa masalah besar.

Apakah ini perbuatan Kasih Kinanti, si superbitch, musuh besar mereka bersama? Atau apakah ada orang lain yang sebenarnya jadi serigala berbulu domba, musuh mereka yang sebenarnya?

Sayang sekali saya terlanjur baca buku keduanya terlebih dahulu sebelum membaca buku ini, jadinya sedikit banyak sudah nggak surprise lagi deh. Anyway, di satu sisi keuntungannya adalah saya jadi lebih bisa mendalami karakter-karakternya terlebih dahulu dan jadi lebih gampang ngikutin ceritanya.

Ada beberapa tipe "bitch":
  1. Mereka yang tahu dan sadar bahwa perilaku mereka menyebalkan, tetapi malah bangga dan menjadi-jadi dengan sebutan "bitch". Orang-orang seperti ini semakin senang jika orang terganggu dan meledak karena perbuatan mereka.
  2. Mereka yang menyadari perilakunya menyebalkan tetapi tidak peduli apa pandangan orang lain terhadapnya. Selama keinginannya tercapai, tipe ini tidak peduli siapa yang harus disakiti.
  3. Mereka berperilaku mengesalkan tapi tidak menyadari bahwa perbuatan atau perkataannya mengganggu orang lain. Tipe ini menyangka apa yang dilakukan atau dikatakannya adalah hal yang wajar.
  4. Mereka yang terlihat seperti malaikat di hadapan orang lain, tapi menusuk orang lain dari belakang. Tipe ini seperti halnya tipe pertama, berbahagia di atas penderitaan orang lain. Tetapi lebih parahnya, tipe ini tidak berani memunculkan diri dan bisa menjadi musuh dalam selimut.

Mulai dari Xylana yang super pintar dan super serius. Keisha yang ceplas ceplos dan kadar biyatch-nya melebihi Xylana (IMO). Vinka yang manis dan sangat ramah menjadi karakter lovable disini. Kynthia yang kalem baik hati dan lemah lembut, dan Arimbi yang paling lemah diantara mereka semua. Kelimanya menjadi dekat karena sering bareng saat sesi makan siang dan memiliki musuh yang sama si superbitch, Kasih Kinanti.

Karakter yang paling saya suka disini si Xylana, the bitch. Xylana ini contoh nyata penderita Obssesive Compulsive Disorder (OCD) parah yang gemes ngelihat poni miring dikit sampe ngejar-ngejar pemilik poni pakai gunting, ya jelas takutlah ya dikira mau nusuk. Tapi diantara ketidakberesannya, si Xylana ini sebenarnya baik dan sangat care dengan teman-teman gosipnya.

Untuk konflik dalam cerita sendiri menurut saya lumayan kompleks. Mulai dari Kynthia si lembut nan baik hati yang terlibat affair, Arimbi yang lemah sering jadi target empuk si superbitch Kasih Kinanti, Xylana yang OCD malah jatuh cinta sama cowok yang berantakan dan joroknya minta ampun, Vinka dengan problem rumah tangganya, hingga Keisha yang gampang tersulut amarahnya dan bikin gara-gara kalau saja tidak dicegah teman-temannya. 

Satu kata untuk menggambarkan kisah dalam buku ini, seru! Haha, tentu kadar serunya nggak seheboh dan sevulgar cara berkisah Christian Simamora, menurut saya buku ini cenderung ditulis dari sudut pandang perempuan baik-baik yang jarang neko-neko sehingga rasanya dekat di hati (merasa diri sendiri perempuan yang nggak neko-neko, toss dulu yok Mba Tria Barmawi).


List's Series:
#1 The Lunch Gossip
#2 The Lunch Reunion
 

5 komentar:

  1. sebenarnya jarang-jarang sih aku baca metropop, tapi dari yg pernah kubaca nama Tria Barmawi itu salah satu yang paling kuingat gara-gara novelnya Lost in Teleporter yang 'amat sangat lain' (--mosok hidung bisa ketuker...!) :)
    abis baca ripiu ini, jadi pengen baca juga nih, kayaknya aku juga bakal suka sama novel yang ini. thx oky.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini juga buku ke 4 Tria Barmawi yang kubaca. Cuma yg lost in teleporter... err.. hidungnya ketuker?? hahaha

      Hapus
  2. aku pernah baca buku Tria, jadi penasaran sama buku ini. ternyata dia ngeluarin buku baru ya, baru tau :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini buku lama yg di repackage sih sebenarnya.. aku juga baru tahu setelah mampir ke goodreads :P

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...