Jumat, 02 Januari 2015

The Chronicles of Audy: 4R

Judul: The Chronicles of Audy: 4R (Buku 1)
Penulis: Orizuka
Penyunting: Tia Widiana
Penerbit: Penerbit Haru
Hlm: 320
Tahun: July 2013
ISBN: 9786027742215
Rating: 4/5
Sinopsis:
4R:   

Audy merasa seperti sudah jatuh tertimpa tangga pula. Kedua orang tuanya yang lugu ditipu dalam investasi bodong dan membuat keluarga mereka jatuh miskin. Audy yang tinggal menyelesaikan skripsi terpaksa harus bertahan hidup di Jogja tanpa dana untuk menyokongnya. ang makan sudah habis. Bahkan kosnya pun sudah nunggak 3 bulan. Ibu kosnya sudah tidak sabar mengusir Audy dari kamarnya.

Ia melihat peluang untuk bertahan hidup 3 bulan lagi dalam lowongan pekerjaan di koran. Dicari babysiter.. dan berbekal semangat survival, ia pun terdampar di rumah hantu. Oke, salah, rumah tidak terawat yang menyeramkan. Tapi jangan salah, rumah itu berisi 4 orang cowok tampan berinisial R, Regan, Romeo, Rex, dan Rafael.

Tidak hanya tampan, mereka semua jenius. Regan, kakak tertua dari 4 bersaudara memberikan gaji di depan. Audy yang sudah kepepet langsung menandatangani kontrak kerjanya tanpa berpikir dua kali. Bodohnya, ia lupa membawa pulang uangnya dan langsung diusir dari kos. Sekarang ia homeless!

Tapi sesuai janji Allah, dalam surat Al-Insyirah 5-6, "Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan."

Regan yang tampan dan paling baik pun mengizinkan dia tinggal di paviliun rumahnya. Tinggal serumah bersama 4R yang tampan-tampan. Siapa yang nggak mau? Tapi apa iya Audy bisa betah menghadapi kelakuan 3R lainnya yang super ajaib?

Nggak jauh beda nuansanya dengan novel-novel YA sebelumnya. Saya masih bisa merasakan betapa komikalnya setiap tokoh yang ia tulis. Dan semua karakternya lovable, dapat porsi yang pas dan tidak ada yang sia-sia. Dengan cara nya sendiri, orizuka selalu sukses menarik hati pembacanya saya. Oke, yang ngerasa saya penuh pujian ya maklumin aja ya, soalnya saya fans beratnya dan tidak kecewa dengan karya nya yang ini.

Karakter Audy sangat menyegarkan. Ia bersemangat, cerewet dan lovable namun bukannya tanpa cela. Karena masalah hidupnya, ia pun sering merasa rendah diri tapi berkemauan kuat untuk bertahan hidup. Ia membenci keluarganya yang menurutnya bodoh. Tapi toh sebenarnya Audy tipe yang nggak tegaan dan gampang terenyuh.

Regan, kakak tertua dari 4R. Seorang pengacara, karakternya tegas. Tidak hanya tampan ia juga baik hati. Paling normal diantara R lainnya. Itu yang membuat Audy terpesona dan jatuh cinta. Motivasinya menerima pekerjaan absurd ini, selain karena butuh duit, ia juga dapat bonus untuk bisa bersama Regan yang super tampan.

Rex, anak ketiga. Masih SMA. Sedatar robot. Dingin. Tapi paling sensitif diantara keempatnya. Meskipun Audy naksir berat sama Regan, tapi saya malah menangkap sinyal-sinyal keintimannya dengan Rex. Atau mungkin karena karakter mereka paling kontras ya. Audy penuh api, Rex dingin. Mungkin juga karena Rex yang paling sensitif dan diam-diam sering merhatiin Audy dibandingkan R lainnya yang cenderung cuek dan masa bodoh.

Rafael adalah anak terakhir. Umurnya baru 4,5 tahun tapi sudah seperti orang dewasa. Yah, mungkin karena faktor gen jenius keluarganya juga. Seharusnya Rafael ini yang Audy jaga karena kan tugasnya sebagai babysitter Rafael. Harusnya sih. Tapi faktanya, Audy kalah dominan dibanding Rafael. Kalah pintar maksudnya.

Romeo, anak kedua. Paling mirip ketampananya dengan Regan. Tapi joroknya minta ampun. Selain kucel dan ketombean karena jarang mandi. Romeo ini yang paling nggak jelas kerjaannya apa karena nggak pernah keluar rumah. Tapi justru Romeo ini karakter favorit saya.

Memang sih konfliknya Orizuka selalu sederhana dan sekilas tampak kurang 'dalam'. Tapi hebatnya, penulis tidak gagal menyampaikan pesan moral dalam setiap karyanya. Ia hanya pintar mengemasnya dengan adegan komikal, dialog lucu dan diksi yang tidak biasa. 

Selain menguak rahasia keluarga 4R yang misterius, penulis pun juga mampu mengemas masalah Audy dan keluarganya dengan ringan tapi masih mengena. Pesan moralnya, tidak ada orang tua yang tidak sayang anaknya. Orang tua yang sayang anaknya akan selalu mau berubah demi anak-anaknya.

Buku ini cocok buat young adult, masuk kategori remaja meskipun temanya lebih ke tema keluarga. Saya pun bisa lebih relate dengan Audy karena penulis memasukkan setting almamaternya, FISIPOL UGM, kampus tempat saya kuliah sekarang. Saya familiar dengan lokasi-lokasinya.

Sudah lama saya tidak baca karya Orizuka. Saya penggemarnya sejak Orizuka menerbitkan buku Me & Prince Charming, now look at her, it's already her 20th books! Dan saya nyesel karena baru bisa baca sekarang karena belum punya duit padahal yang lain sudah pada heboh mereview betapa bagusnya The Chronicles of Audy: 4R ini. And indeed, it's really good to read her writing again!


PS: Ini pun saya minjem, kalau ada yang mau berbaik hati ngirimin saya bukunya, please do so!!


The Series
Book #1: The Chronicles of Audy: 4R
Book #2: The Chronicles of Audy: 21

24 komentar:

  1. Masuk wislist aku juga ini buku, tapi belum berjodoh -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah susah nyari bukunya mba.. :(

      Hapus
  2. Sebetulnya sy suka buku2 Orizuka, walau baru baca beberapa & belum semua dibikin resensinya. Abis.. ngerasa ketuaan untuk baca buku YA sih (curcol). Tapi gara2 resensi ini jadi penasaran sama bukunya deh (siap2 ke toko buku), hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, we are never to old to read YA mba. Aku aja masih suka baca teenlit gitu hehe

      Hapus
    2. Yaah setidaknya dg baca YA aku jadi bisa merasa muda lagi ya hehehe

      Hapus
    3. Jelas itu mba, entah berapa pun umur kita, tetep harus berjiwa muda dong :D

      Hapus
  3. Buku keduanya The Chronicles of Audy: 21 juga lucuu ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget stefm aku udah bacaaa... lebih suka sama buku keduanya malah

      Hapus
  4. Aku pengen baca ini dari taon kemaren.. tapi apa daya belom punya duit trus pas punya duit malah disalip beli buku lain ngahahaha.. xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi ayo Lin baca, wkwk, kalah sama wishlist yg lain yaa

      Hapus
  5. Aku baru beli buku ini bulan lalu, jadi ditaro di antrian belakang. :) *kebanyakantimbunan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyahaha, Mba Sab, ayo ikutan Joglosemar Tantangan Babat Timbunan biar timbunannya segera di bantai :D

      Hapus
  6. Buku yang kedua belum baca. Nunggu pinjeman dari adek yang ngefans banget sama Orizuka. :D

    BalasHapus
  7. menurutku novel ini hampir mirip dengan cerita boys before flower dan meteor garden yang sempat booming, yaitu mengusung cerita di mana satu perempuan dikerumuni empat laki-laki. Mungkin karena ceritanya yang menarik, dan penyajiannya yang juga easy reading, jadinya novel ini cukup banyak peminatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, sedikit mirip. Kemiripan hanya sampai pd 4 lelaki tampan :D

      Hapus
  8. Setelah terbit buku kedua, buku pertama ini jadi sulit dicari. ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya niiih, hiks. Aku pengen bgt koleksi

      Hapus
  9. Aku baru baca ini, Kak.. Syediiih~ Itupun minjem sama temen, soalnya sayang duitnya buat beli kalo ada temen yang bisa dipinjemin. Tapi agak galau juga karena pengin ngoleksi. *nahloh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus kan, bagus kaaaan... hahaha
      Ih sama atuh aku juga pinjem. Nunggu buku terakhirnya terbit deh baru koleksi. Syukur2 nanti keluar boxsetnya :D

      Hapus
  10. masih ada gk mba buku seri pertama sama keduanya pengeen bgt koleksii..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba langsung pesan di owlbookstore.com atau via instagram maupun twitter @penerbitharu ya say :D

      Hapus
  11. Belum baca satupun-,- tapi grgr review teman2 udah lebih dulu jadi #timrex huhu-,-

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...