Kamis, 19 Maret 2015

Yummy Tummy Marriage

Judul: Yummy Tummy Marriage
Penulis: Nurilla Iyani
Penyunting: Noni Rosliyanti
Penerbit: Bentang Pustaka
Hlm: 270
Tahun: 2014
ISBN: 6022910099
Rating: 3/5
Sinopsis:
Yummy Tummy Marriage:   
Meski pesta pernikahanku jauh sekali dari impianku, tetapi kebahagiaanku enggak berkurang sedikit pun karena aku sudah resmi menikah dengan seorang pria yang membuatku jatuh cinta setiap hari selama tiga tahun terakhir ini, Bara Wiryawan. Yes Darling, let me tell you this: When you marry the one you love, everything is perfect.

But now I know, Bara is not perfect enough, dan terutama sama kliennya yang demanding banget. Argh!

—Gina


Gila, gue enggak pernah menyangka rangkaian acara pernikahan bisa bikin badan gue pegel-pegel. Harusnya jasa pijet masuk ke dalam paket pernikahan yang ditawarkan Wedding Organizer gue. But hey, gue tetep seneng banget karena wanita yang selama ini gue cintai akhirnya resmi jadi istri gue. Gina Anjani, you’re all mine now!

Until I know, tiga tahun ternyata enggak cukup buat gue mengenal Gina dan semua rahasia besarnya. Sigh!

—Bara


Fashion blogger terkenal di Indonesia, Gina, akhirnya menikah juga. Setelah menikah, mereka pun tinggal di apartemen yang telah disiapkan suaminya, Bara. Sayangnya, begitu masuk apartemen, Gina tidak suka dengan selera furnitur yang dipilih Bara, menurutnya nggak matching. Bara sendiri sengaja menyiapkan duluan sebagai surprise untuk Gina, walaupun alasan sesungguhnya agar rumahnya tidak didekor dengan atribut feminin.

Tiga tahun pacaran benar-benar nggak cukup untuk mengenal pasangan. Justru setelah menikah baru terlihat aslinya. Seperti Bara yang kalau pagi bau mulut, sukanya berantakan padahal Gina OCD, dan parahnya workaholic akut. Gina sendiri di mata Bara selalu cantik dan perfect, tapi rupanya sophaholic akut dan ketahuan kalau punya utang kartu kredit yang sangaaaaat besar.

They're not so perfect after all. Tapi mereka saling berusaha. Marriage is work. Gina yang nggak jago masak akhirnya bereksperimen dengan menu-menu. Bara demi memenuhi tanggung jawabnya justru semakin gila-gilaan lembur agar keluarganya terjamin. Well, so far kisah mereka indah ya. Dan saya suka sama karakternya, Gina compassionate, Bara bertanggung jawab banget.

Hm, justru menurut saya ceritanya terlalu indah. Walau penulis berusaha menunjukkan bahwa pernikahan mereka tidak melulu indah, seperti ancaman kebangkrutan keluarga mereka gara-gara kebiasaan belanja Gina yang gila-gilaan itu, belum lagi attitude kerja Bara yang juga gila-gilaan dan terlalu dekat dengan klien, which is klien ini mantannya Bara yang bikin Gina ketar-ketir.

Dengan adanya konflik tersebut, penulis berusaha menunjukkan bahwa karakter mereka harus berubah jika ingin pernikahan mereka langgeng. Dan yap, mereka berubah. They work hard to be the better person, tapi penulis membuatnya terlihat sangat mudah. Jadi saya tidak melihat adanya kedalaman konflik maupun effort lebih. So, in short, ceritanya cuma gitu ajah. Plotnya bagus, konflik bagus, karakter lumayan, alur oke, gaya bahasa juga bagus. Cuma ya kurang aja, padahal jika mau di gali lebih, novel ini potensial sekali. Karakter kurang dalam, konflik kurang greget, eksekusi ending so-so. 

Yah, mungkin karena ada keterbatasan jumlah halaman, jadinya novel ini terasa biasa. But overall, it was a nice read. Asyik dan ringan dibaca dalam sekali duduk. Cocok untuk pecinta metropop, karena semua ciri-cirinya ada disini, tinggal di kota metropolitan, wanita bekerja, apartemen, gaya hidup masa kini (eaa, masa kini), dan kisah yang nggak jauh-jauh dari sehari-hari.

21 komentar:

  1. hihii, alangkah lucunya memang jika pas nikah kebiasaan buruk-buruknya kita baru ketahuan.. Mungkin kalo emang dah terlanjur sayang, jatuhnya tuh kebiasan buruk bakal jadi kejutan manis dan bumbu indah di awal pernikahan.. Kalo nggak ? #mikir -___-))? Tapi kayaknya emang asyik nih novelnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya kalo sudah jatuh sayang, jadinya sanggup menoleransi kebiasaan buruk yg kecil2 ^^ yg gede2 dan ga bisa ditoleransi itu kalo ternyata dia psycho suka makan beling dan jagain lilin #nahlo

      Hapus
  2. Kayaknya aku bakal suka nih baca novel ini, cuma kurang suka sama cover-nya aja. Penasaran sama gimana cara penulis nyeritain bagian Gina yang fashion blogger yang OCD, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa... covernya emang kurang cakep, tapi not bad juga sebenernya. Lumayan kok bagian OCD, lumayan disinggung tapi ga di deskrip detil

      Hapus
  3. "Beneran kenal" malah pas baru nikah? hahaha seru abis! =)
    Apa yang bikin kurang greget? :"D

    BalasHapus
  4. waah jadi pengen baca -_- kayaknya kisahnya manis banget gitu ya? ada puncak gejolaknya kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adaaa, lucky for you, it comes up to the point of climax :D

      Hapus
  5. reviewnya bikin penasaran >,< belum pernah baca novel tema pernikahan seperti ini. Aku perlu baca nih kak buat referensi ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ((Buat Referensi))

      #asek

      Hahaha.. sekarang banyak lho weddinglit kayak novel ini. Bakal makin banyak referensi deh, yay :D

      Hapus
  6. aku malah suka sama covernyaaa.. :D

    BalasHapus
  7. "Asyik dan ringan dibaca dalam sekali duduk."

    Setuju nih kak Oky. Menurutku gaya penulisan kak Nurilla Iryani itu memang asyik dan ringan. Hmm..jadi pengen baca buku ini. Meskipun endingnya so-so, tapi gk afdol rasanya kalau gk baca bukunya kak Nurilla Iryani (aku trmasuk penggemar karya-karyanya^^ :)

    Btw, itu typo deh kak. Bukannya yang bener itu Nurilla Iryani ya ? (Bukan Nurilla Iyani) :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uda pernah baca karya NI lainnya yg mana aja mba? Rekomen yg bagus dong hehe..

      Wah iyaa, typo say.. makasih yaaa =))

      Hapus
  8. Ini yang ada bonus resep-resep di dalamnya gitu ya, Ky?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mba, layak dicoba buat cemal cemil di rumah

      Hapus
  9. Hihi, tema yang wedding lit banget ya, tentang pasangan yang sama2 ga sempurna dan berusaha untuk berbenah. Aku naksir covernya, jadi penasaran :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat yg sudah pengalaman sih ga perlu baca ini lagi dong harusnya hahahaha

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...